Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, January 20, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Jangan Sepelekan 10 Kebiasaan Umum Ini, Bisa Merusak Ginjal Kamu (Bagian 2)

Topcareer.id – Ginjal memiliki peranan penting bagi kesehatan tubuh kamu. Organ dalam tubuh ini terletak di dekat bagian tengah punggung pada kedua sisi tulang belakang, tepat di bawah tulang rusuk bagian belakang.

Terdiri dari sepasang organ, ginjal kiri dan ginjal kanan. Ginjal merupakan salah satu organ utama dalam sistem urinaria atau sistem saluran kemih.

Mengingat pentingnya fungsi ginjal bagi kesehatan tubuh, tentu kamu harus menjaga kesehatan ginjal sebaik mungkin.

Baca Juga: Penelitian: Camilan Keripik Kentang Tidak Baik untuk Kesehatan Perempuan

Hindari kebiasaan berikut ini yang bisa membuat fungsi ginjal terganggu atau bahkan merusaknya.

Bagian kedua dari artikel:

6) Makan terlalu banyak daging
Protein hewani menghasilkan asam dalam jumlah tinggi dalam darah yang dapat berbahaya bagi ginjal dan menyebabkan asidosis – suatu kondisi di mana ginjal tidak dapat menghilangkan asam dengan cukup cepat. Protein dibutuhkan untuk pertumbuhan, pemeliharaan dan perbaikan semua bagian tubuh tetapi diet kamu harus diimbangi dengan buah dan sayuran.

7) Terlalu banyak makan manis
Gula berkontribusi terhadap obesitas yang meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi dan diabetes, dua penyebab utama penyakit ginjal. Hindari bumbu, sereal sarapan, dan roti putih yang semuanya merupakan sumber gula olahan yang licik. Perhatikan bahan-bahannya saat membeli makanan kemasan untuk menghindari tambahan gula dalam makananmu.

8) Merokok
Merokok memang tidak baik untuk paru-paru atau jantung. Tetapi tahukah kamu bahwa merokok juga tidak baik untuk ginjal? Orang yang merokok lebih cenderung memiliki protein dalam urin, ini bisa merusak ginjal.

9) Minum minuman beralkohol berlebihan
Minum minuman beralkohol lebih dari empat gelas sehari telah terbukti menggandakan risiko penyakit ginjal kronis. Peminum berat yang juga merokok memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah ginjal.

10) Terlalu sering duduk dalam waktu lama
Duduk dalam jangka waktu yang lama kini telah dikaitkan dengan perkembangan penyakit ginjal. Diketahui bahwa aktivitas fisik yang lebih sering dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah dan metabolisme glukosa, keduanya merupakan faktor penting dalam kesehatan ginjal.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply