Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, January 16, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

4 Tips Sukses Jalani Group Interview saat Melamar Pekerjaan

Ilustrasi. Sumber foto: jobisjob.co.ukIlustrasi. Sumber foto: jobisjob.co.uk

Topcareer.id – Wawancara kelompok adalah ketika seorang karyawan atau tim karyawan mewawancarai banyak kandidat pada saat yang sama, atau ketika tim karyawan membentuk panel untuk mewawancarai satu kandidat.

Umumnya, pemberi kerja melakukan kedua jenis wawancara kelompok di ruang konferensi untuk mensimulasikan rapat atau proyek tim.

Wawancara kelompok memungkinkan kamu untuk mendemonstrasikan keterampilan yang mungkin tidak dapat ditunjukkan dalam pengaturan wawancara tradisional.

Tidak usah khawatir, wawancara kelompok adalah kesempatan yang baik untuk menunjukkan kepada perusahaan bagaimana kemampuan kamu saat terlibat dalam situasi yang penuh orang, berbicara dengan otoritas, serta berbagi keahlianmu.

Berikut ini empat tips untuk berhasil dalam wawancara kelompok:

Persiapan
Siapkan diri dengan beberapa poin pembicaraan tentang pengalaman profesional, keterampilan, dan pendidikanmu sebelumnya. Bersiaplah untuk membagikan contoh spesifik dari kesuksesan masa lalu. Kamu juga bisa mempersiapkan beberapa jawaban untuk pertanyaan tentang wawancara perilaku.

Yakin
Menampilkan kepercayaan diri melalui bahasa tubuh dan nada suara dapat membantu pemberi kerja pandangan bahwa kamu mampu dan siap. Ingatlah untuk duduk tegak, lakukan kontak mata, dan hindari gelisah atau banyak bergerak saat duduk di kursi. Proyeksikan suara saat berbicara sehingga semua orang di ruangan dapat mendengar dengan jelas.

Jadi pendengar yang baik
Gunakan keterampilan mendengarkan secara aktif ketika orang lain berbicara, meskipun mereka tidak menyapamu. Jika kamu berada dalam wawancara kelompok dengan kandidat lain, dengarkan poin pembicaraan mereka. Jika memungkinkan, lihat kembali komentar orang lain untuk menunjukkan bahwa kamu mendengarkan.

Bersikap hormat
Perlakukan semua orang di ruangan dengan hormat. Pastikan untuk tidak mendominasi diskusi dan berikan kesempatan kepada orang lain untuk berbicara. Jangan takut untuk terlibat dalam percakapan dengan kandidat atau pewawancara lain di ruangan itu. Ini menunjukkan keterampilan komunikasi dan jaringan antarpribadi yang dapat bermanfaat dalam peran apa pun.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply