Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, January 18, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Aktivitas Ini Membuatmu Bahagia Seperti Saat Makan di Luar Kala Pandemi

Topcareer.id – Banyak orang merasa kesal sekarang karena terjebak di rumah selama pandemi. Dengan pengetatan pembatasan, kamu mungkin merasa tidak senang membayangkan terjebak di dalam ruangan atau dikurung di kota, tidak bisa dengan bebas hangout, atau sekadar makan di luar (dine in).

Tetapi ada aktivitas lain yang sama-sama membawa kebahagiaan layaknya makan di luar. Aktivitas itu adalah berkebun.  Sebuah studi Princeton menemukan bahwa setiap orang, terlepas dari pendapatan atau rasnya, dapat memperoleh manfaat dari menanam sayuran atau tanaman lain di rumah.

Kebahagiaan dan kebermaknaan rata-rata mendapat peringkat tinggi untuk berkebun jika dibandingkan dengan aktivitas lain yang cenderung dilakukan orang. Peneliti menemukan bahwa waktu dan peristiwa, fokus pada melakukan satu hal seperti menggali tanah meningkatkan kebahagiaan dan kepuasan. Ada sejumlah manfaat dari kegiatan mudah yang satu ini.

Beberapa ratus peserta survei dari semua lapisan masyarakat melaporkan tingkat kebahagiaan mereka di aplikasi setelah melakukan sejumlah aktivitas, termasuk berkebun, kepada para peneliti. Inilah yang mereka temukan.

Berkebun itu baik untuk semua orang

Apakah kamu tinggal sendiri, atau dalam keluarga, atau pasangan tidak ada bedanya saat kamu berkebun. Tempat tinggal juga tidak masalah. Dan ras, usia, atau pendapatan juga tidak penting. Setiap orang bisa menikmati berkebun.

“Persahabatan saat berkebun di rumah, ras/etnis, dan lokasi perkotaan versus pinggiran kota tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan,” kata studi tersebut, mengutip The Ladders.

Baca juga: Alaska Siap Bayar Rp 28,1 Juta Per Tahun Bagi Yang Ingin Tinggal, Ini Syaratnya

Namun, beberapa di antaranya lebih diuntungkan. Wanita dan orang berpenghasilan rendah menganggap berkebun sebagai kegiatan yang lebih baik untuk berinvestasi daripada banyak lainnya.

Berkebun membangun kebiasaan baik untuk menggantikan kebiasaan buruk

Berkebun sayuran juga menjauhkanmu dari kebiasaan lain, seperti makan makanan yang buruk di rumah, atau tidak memiliki rutinitas pagi. Berkebun membawamu ke luar rumah dan ke dunia.

Berkebun hanya membutuhkan sedikit waktu untuk membuatmu bahagia

Para peneliti membandingkan berkebun dengan aktivitas lain yang terkait dengan kebahagiaan, seperti bersepeda atau makan di luar, dan menemukan bahwa meskipun hanya memakan waktu sedikit lebih dari satu jam dalam seminggu, rata-rata membuat orang lebih bahagia untuk sementara waktu setelahnya.

Berkebun adalah aktivitas paling bermakna yang rata-rata dapat kamu lakukan

Berkebun, rata-rata, adalah salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk membawa makna dalam hidup. Pergi keluar dan menanam tomat di kebun komunitas atau pekarangan belakang merupakan kegiatan yang bermakna, membuat kita merasakan tujuan. Ini juga merupakan aktivitas luar ruangan yang mudah dilakukan, pandemi atau tidak.

Menanam sayuran untuk diri sendiri bahkan lebih baik

Menanam tomat yang berair memberikan lebih banyak kebahagiaan bagi rata-rata orang yang berkebun, catat para peneliti. Hasil kerja dari berkebun memberikan banyak manfaat psikologis yang tidak dapat diberikan oleh sensasi aktivitas lain, seperti bersepeda yang sangat jauh.

Leave a Reply