Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Juni 25, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Menlu RI Resmi Jadi Ketua Pengadaan serta Distribusi Vaksin bagi 92 Negara

Dok/Allrelease.id

Topcareer.id – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi terpilih menjadi salah satu ketua pada forum yang berisikan 92 negara yang tergabung dalam Advance Market Commitment (AMC) dengan negara-negara donor untuk pengadaan serta distribusi vaksin.

“Pada hari 13 Januari 2021, kami mendapatkan kabar dari GAVI bahwa Menteri Luar Negeri Indonesia telah terpilih menjadi Co-Chair COVAX Advance Market Commitment (AMC) Engagement Group (EG) atau untuk lebih singkatnya disebut COVAX-AMC EG,” ujar Retno dalam siaran pers yang diterima Topcareer.id pada Jumat (15/1/2021).

Tak sendiri, Berdasarkan pemilihan yang diselenggarakan secara virtual (evoting) di Jenewa, posisi Co-Chair ini juga diberikan kepada 2 perempuan lainnya yakni Menteri Pembangunan Internasional Kanada, Ms. Karina Gould, dan Menteri Kesehatan Ethiopia, Ms. Lia Tadesse.

Dalam pemilihan tersebut, Indonesia berhasil mendapatkan suara terbanyak yaitu sebesar 41% dari suara yang masuk. Kemudian disusul oleh Menteri Kesehatan Ethiopia di urutan kedua.

Lebih lanjut, Menlu mengatakan ada 2 keuntungan dengan terpilihnya Indonesia sebagai ketua forum tersebut.

“Pertama tentunya ini merupakan wujud dari kepercayaan dunia internasional terutama negara berkembang kepada Indonesia, dan kedua ini merupakan tanggung jawab besar Indonesia bagi terwujudnya kesetaraan akses vaksin bagi semua negara,” jelasnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo berkali-kali menyerukan pentingnya masalah kesetaraan akses vaksin bagi semua negara di berbagai forum internasional termasuk KTT ASEAN, KTT G -20, KTT APEC hingga dalam Sidang Majelis Umum PBB.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan