Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, February 27, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

5 Kesalahan di Social Media yang Bisa Hambat Karier Kamu

(pixabay)

Topcareer.Id – Di era sekarang, siapa sih yang enggak kenal social media? Hampir dari kita saat ini memilikinya, mulai dari sekadar berbagi keseharian, hingga untuk berbisnis.

Namun, tak selalu menguntungkan, bermain social media juga bisa jadi boomerang lho jika tak digunakan dengan hati-hati, termasuk dalam hal perkembangan karier.

Nah, biar kariermu enggak terhambat gara-gara social media, hindari 5 hal ini ya.

Tidak punya social media
Ya, jika kamu sama sekali tak punya social media, bukan berarti kamu aman ya.

Dalam sebuah survei yang dilakukan terhadap setengah pekerja CareerBuilder, para perekrut kerja cenderung tak menerima seseorang sebagai karyawan, jika tak bisa menemukannya di social media.

Selain menjadi tanda bagaimana kamu bisa ikut berkembang dengan zaman, 28% dari mereka juga mengumpulkan informasi tentang calon karyawannya dari social media.

Jadi, Daripada mengabaikan faktor ini, lebih baik mulai me-manage akun social mediamu dengan baik dan terarah.

Baca juga: Cek 15 Pekerjaan Paling Berkembang Di Asia Tenggara Pada 2021

Tidak konsisten dalam membuat personal branding
Jika nama akun Twitter, Facebook, dan Instagrammu berbeda-beda, orang-orang akan kesulitan untuk mencari dan memahami karaktermu.

Jadi, belajarlah untuk konsisten dalam membuat personal branding melalui social media. Baik dari nama, maupun di kelebihan yang ingin kamu tonjolkan.

Merasa asing dengan konten/produk yang kamu tawarkan
Jika kamu menjadikan akun social media-mu sebagai media untuk menjual produk, cobalah bertindak sebagai penjual sekaligus pembeli.

Survei menyebut jika para konsumen akan lebih tertarik pada influencer yang terlihat menyatu dan akrab dengan produk yang ia jual. Dengan begitu, para calon pembeli akan percaya untuk membeli, sekaligus memakai produk tersebut.

Terlalu sering memposting konten
Meski tujuannya baik, terlalu sering mengunggah konten akan membuat para pengikutmu jadi terganggu. Apalagi jika dilakukan berturut-turut di jam kantor.

Karena itu, jangan terlalu berlebihan juga dalam bermain socmed ya.

Berbagi rahasia penting perusahaan.
Rahasia tentang resep atau pola kerja seseorang adalah sesuatu yang tidak boleh disebarkan begitu saja, apalagi melalui social media.

Bahkan meski tujuanmu adalah untuk berbagi cerita atau berkeluh kesah, membongkar rahasia atau kebobrokan perusahaan tempatmu bekerja bisa membuatmu kariermu terancam, dan bahkan dipecat.

Gak cuma itu, reputasi burukmu pun akan membuat perusahaan lain berpikir ulang untuk mempekerjakanmu, karena takut mengalami hal yang sama.

Yuk, pakai social media dengan aman dan bertanggung jawab.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply