Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, March 3, 2021
redaksi@topcareer.id
Info Beasiswa

Aktivitas Sederhana Ini Punya Manfaat Luar Biasa untuk Tekanan Darah

Sumber foto: healthline.com

Topcareer.id – Awalnya, banyak penderita tekanan darah tinggi mungkin tidak melihat gejala apapun dan oleh karena itu gagal menangani situasi dengan serius.

Namun, seiring waktu, hipertensi dapat menyebabkan gejala yang mengerikan seperti sakit kepala hebat, detak jantung tidak teratur, atau kesulitan bernapas.

Lantas, apa yang dapat kamu lakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah terjadinya hipertensi? Selama bertahun-tahun, dokter telah lama menyarankan pasien hipertensi untuk bergerak.

Berjalan dianggap sebagai pengobatan perilaku “standar emas” untuk masalah tekanan darah. Sekarang, bagaimanapun, sebuah studi baru yang baru saja dirilis oleh University of Saskatchewan menemukan bahwa peregangan sebenarnya memberikan lebih banyak manfaat tekanan darah daripada berjalan kaki.

Peneliti Kanada mengatakan rangkaian peregangan (stretching) yang teratur dapat menurunkan kemungkinan seseorang terkena hipertensi dan juga membantu mereka yang sudah didiagnosis dengan tekanan darah tinggi untuk mengatasi kondisi mereka.

“Semua orang berpikir bahwa peregangan hanya tentang meregangkan otot,” kata profesor kinesiologi Dr. Phil Chilibeck, salah satu penulis studi tersebut, dalam rilisnya.

“Tapi saat kamu meregangkan otot, kamu juga meregangkan semua pembuluh darah yang masuk ke otot, termasuk semua arteri. Jika kamu mengurangi kekakuan di arteri, maka resistensi terhadap aliran darah akan berkurang,” jelasnya.

Resistensi aliran darah sering kali menyebabkan peningkatan tekanan darah, jadi seperti banyak area kesehatan fisik lainnya, sebagian besar pengontrolan tekanan darah diturunkan untuk mengurangi ketegangan.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Bersihkan Earbud Atau Earphone?

Untuk penelitian ini, sekelompok 40 pria dan wanita yang lebih tua (rata-rata 61 tahun) dikumpulkan bersama dan secara acak ditempatkan pada kelompok eksperimen berjalan atau peregangan selama delapan minggu.

Yang penting, semua subjek penelitian telah didiagnosis dengan hipertensi stadium 1 (tekanan darah tinggi) pada awal penelitian. Kelompok ‘stretchers’ mengikuti rutinitas peregangan seluruh tubuh selama 30 menit setiap hari lima hari seminggu. Kelompok lainnya berjalan cepat setiap hari/minggu sesuai jadwal/kerangka waktu yang sama.

Baik sebelum dan sesudah masa studi, para peneliti mengukur tingkat tekanan darah setiap orang dalam tiga dimensi: saat mereka duduk, berbaring, dan selama 24 jam penuh melalui perangkat pemantauan portabel. Di ketiga area yang berbeda tersebut, peregangan menghasilkan penurunan tekanan darah yang lebih besar daripada berjalan kaki.

Agar adil, mereka yang berjalan setiap hari pada akhirnya kehilangan lebih banyak berat badan daripada yang melakukan peregangan.

Secara keseluruhan, penulis studi mengatakan berjalan dan peregangan harus menjadi bagian dari rutinitas biasa pasien hipertensi.**(Feb)

Leave a Reply