Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, February 26, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tips Pola Makan Sehat Selama Masa Karantina COVID-19

Sumber foto: Hellosehat.com

Topcareer.id – Perubahan besar yang terjadi akibat pandemi virus corona dan memaksamu lebih banyak tinggal di rumah tidak harus menjadikan diet bergizi kamu menghilang.

Di masa pandemi seperti ini justru kamu harus lebih kreatif untuk memberi asupan nutrisi bagi tubuh kamu agar sistem imun tubuh meningkat.

Berikut ini beberapa cara makan sehat ketika kamu lebih banyak menghabisakan waktu di rumah, baik saat kamu sedang WFH, karantina atau isolasi mandiri.

Makan camilan dengan cara yang benar
Setidaknya 1 dari 3 orang mengatakan mereka lebih sering ngemil selama pandemi, menurut International Food Information Council (IFIC). Ngemil secara autopilot dapat membuatmu makan berlebihan.

Baca Juga: Cemilan Ini Pas Buat Nemenin Kamu Nonton Drakor

Berfokuslah pada makanan yang memiliki protein tinggi dan lemak sehat seperti greek yoghurt yang bisa membuatmu merasa kenyang. Persiapkan camilan sebelumnya dalam wadah terbatas, jangan langsung makan dari kemasan. Ini akan membantu kamu menghindari makan atau ngemil berlebihan.

Pahami ukuran porsi kamu
Kontrol porsi bisa jadi rumit di rumah, ketika porsi kedua dan ketiga sering kali mudah dijangkau. Memahami ukuran porsi yang tepat dari makanan yang berbeda tidak hanya dapat meningkatkan penghematan, tetapi juga dapat mengurangi kelebihan kalori dalam makanan dan membantumu mempertahankan berat badan yang sehat.

Begini cara mengukur cepat porsi makan kamu:

  • Protein
    Satu porsi daging, unggas, ikan, kacang-kacangan, atau protein lainnya harus seukuran telapak tangan kamu.
  • Sayuran
    Porsi sayuran atau salad sebanyak satu kepalan tangan untuk wanita, dan dua kepalan tangan untuk pria. Ingat, tangan kamu sendiri ya, jangan curang menggunakan tangan orang lain yang lebih besar.
  • Karbohidrat
    Batasi biji-bijian dan pati menjadi sekitar setangkup tangan kamu jika kamu wanita, dan dua tangkup tangan jika kamu pria.
  • Lemak
    Kacang-kacangan, mentega, dan minyak, masing-masing tidak boleh lebih dari satu atau dua porsi ukuran ibu jari kamu baik untuk wanita maupun pria.

Pertimbangkan untuk berbicara dengan dokter kamu untuk informasi lebih lanjut tentang ukuran porsi yang lebih tepat bagi dirimu.

Simpan sayuran dan buah-buahan beku
Produsen makanan membekukan buah dan sayuran dalam beberapa jam pada saat kematangan puncaknya untuk menjaga nutrisi dan rasanya, menjadikannya alternatif yang sehat untuk produk segar, menurut Academy of Nutrition and Dietetics.

Selain itu, makanan beku membuat kamu lebih mudah menyimpan bahan-bahan bergizi saat kamu mencoba untuk tidak sering pergi ke toko bahan makanan.

Belanja online
Pertimbangkan untuk memesan bahan makanan secara online atau menggunakan layanan delivery supermarket lokal kamu untuk menyimpan persediaan sambil menjaga jarak fisik yang cukup.

Nikmati makan bersama di rumah
Memasak dan makan bersama anggota keluarga terkasih di rumah dapat membantu mengurangi stres dan perasaan terisolasi yang mungkin mendorong kamu untuk beralih pergi membeli makanan yang kurang sehat.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply