Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juni 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Jaga Diri dari Covid-19, Pakar UNS: Minum Vitamin Harus Sesuai Dosis

Vitamin suplemen. (pexels)

Topcareer.id – Upaya meningkatkan imunitas diri di tengah pandemic itu merupakan hal penting. Seperti mematuhi protokol kesehatan juga memenuhi asupan bergizi dan konsumsi vitamin. Namun, yang perlu diingat adalah tidak berlebihan dalam konsumsi vitamin, perhatikan dosis sesuai kebutuhan.

Pakar Farmasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Saptono Hadi menyampaikan bahwa masyarakat perlu memahami aturan mengonsumsi vitamin. Jangan sampai sembarangan minum vitamin dengan dosisi banyak dengan alasan meningkatkan imunitas agar terhindar dari Covid-19.

“Obat harus diminum sesuai dosis, begitu juga vitamin. Konsumsi vitamin tidak boleh sembarangan, harus sesuai dosis. Efektivitas obat dan vitamin itu ya pada dosisnya,” papar Saptono Hadi yang juga Kepala Program Studi (Kaprodi) S1 Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS, mengutip siaran pers, Rabu (3/2/2021).

Baca juga: Hati-Hati, Jangan Terjebak Beli GeNose Di Situs Belanja Online

Lebih lanjut, ia menjelaskan, setiap orang memiliki dosis masing-masing. Meminum vitamin pun berbeda-beda takarannya.

Dosis minum vitamin itu harus mempertimbangkan faktor kondisi tubuh seperti sehat atau sakit, faktor usia, dan faktor berat badan. Karena itu, tambahnya, konsumsi vitamin juga sebaiknya sesuai saran dokter.

Kendati demikian, seseorang boleh mengonsumsi vitamin dengan bentuk yang berbeda-beda. Salah satu contoh ada yang meminum vitamin berbentuk sirup di pagi hari kemudian meminum vitamin berbentuk tablet di malam hari.

“Bentuk sediaan bisa macam-macam, sirup atau tablet. Hal yang paling penting yakni harus tetap mematuhi dosis. Jangan melebihi atau mengurangi. Nanti kalau melanggar bisa ada efek samping. Kalau berlebihan juga kerja ginjal bisa lebih berat,” ujar dia.

Tinggalkan Balasan