Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, April 13, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Mengapa Makanan buatan Orang Lain Lebih Enak?

Sumber foto: Freepik.com

Topcareer.id – Pernahkah kamu memperhatikan mengapa makanan yang kamu makan seringkali terasa lebih enak saat dibuatkan oleh orang lain? Ambil contoh sederhana, kamu pergi ke sebuah warkop dan memesan seporsi mie instan maka rasanya akan terasa lebih enak daripada saat kamu membuatnya sendiri.

Apakah mungkin sebuah warkop sederhana memiliki bumbu rahasia yang ditambahkan dalam mie instan kamu? Sepertinya tidak.

Tapi kenapa bisa begitu? Berikut ini penjelasan dari seorang psikolog Daniel Kahneman.

“Saat kamu membuat sandwich sendiri, kamu akan mengantisipasi rasanya saat kamu membuatnya. Dan ketika kamu memikirkan makanan tertentu untuk sementara waktu, kamu menjadi kurang lapar nantinya. Ini semacam kepuasan khusus, sama seperti kebanyakan orang menemukan ruang untuk menu makanan pencuci mulut ketika mereka sudah kenyang makan steak.” Kata Daniel.

Penelitian menunjukkan bahwa ketika kamu menjadi seseorang yang membuat suatu makanan, maka kamu secara otomatis akan menstimulus dirimu dengan membayangkan kamu menikmati makanan yang sedang kamu buat, itu meningkatkan produksi air liur dan memicu keinginan untuk memakannya.

Para ilmuwan di Universitas Carnegie Mellon percaya bahwa jawabannya berasal dari fakta bahwa paparan yang lebih lama terhadap suatu stimulus akan menurunkan respons fisiologis dan perilaku.

Pada dasarnya, ketika kamu melihat dirimu sendiri membuat sandwich, roti bakar, mi instan, atau apapun dari waktu ke waktu dan terbiasa, akan membuatmu tidak terlalu bersemangat untuk memakan makanan yang kamu buat. Ini juga menjelaskan mengapa istri atau ibu kamu yang memasak makanan untukmu tidak makan seantusias dirimu.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan