Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, April 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Catat, Ini Syarat Vaksin untuk Kelompok Komorbid hingga Penyintas Covid-19

Ilustrasi suntik. Dok/Scripps.orgIlustrasi suntik. Dok/Scripps.org

Topcareer.id – Juru bicara vaksinasi Covid-19, dr. Siti Nadia Tarmizi membeberkan persyaratan bagi kelompok lansia dan ibu menyusui yang bakal disuntikkan vaksin covid.

Kelompok lanjut usia (lansia) atau usia di atas 60 tahun harus melewati skrining agar bisa diberikan vaksin sebanyak dua dosis dengan interval 28 hari.

“Ada skrining tambahan bagi sasaran usia lebih dari 60 tahun seperti adakah kesulitan untuk naik 10 anak tangga, sering merasa kelelahan, memiliki penyakit komorbid, kesulitan berjalan 100-200 meter dan ada penurunan berat badan yang signifikan dalam setahun terakhir,” jelasnya pada Sabtu (13/2/2021).

Kemudian untuk kelompok komorbid, dalam hal ini hipertensi, dapat disuntik vaksin kecuali jika tekanan darahnya di atas 180/110 MmHg. Sedangkan menurut dr Siti, kelompok komorbid dengan diabetes juga dapat divaksinasi sepanjang tidak ada laporan dengan kondisi akut.

“Bahkan seorang penyandang kanker dan penyandang penyakit autoimun masih memungkinkan mendapatkan vaksinasi setelah dikonsultasikan kepada dokter yang merawat,” tambahnya.

Terakhir, dr Siti mengatakan kini penyintas atau seseorang yang pernah terkonfirmasi positif Covid-19 juga dapat disuntik vaksin dengan jangka waktu 3 bulan lebih setelah terpapar virus corona.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan