Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, April 13, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Ini Daftar Pekerja Publik yang Bakal Disuntik Vaksin Covid-19

Ilustrasi suntik. Dok/Scripps.orgIlustrasi suntik. Dok/Scripps.org

Topcareer.id – Mulai 17 Februari, Pemerintah akan mulai melaksanakan program vaksinasi Covid-19 tahap kedua yang akan disuntikkan pada kelompok lanjut usia dan juga pekerja publik. Siapa saja pekerja publik yang dimaksud?

Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, kelompok masyarakat yang masuk dalam prioritas vaksinasi tahap kedua merupakan kelompok masyarakat yang memiliki interaksi dan mobilitas yang tinggi, sehingga sangat rentan terpapar virus Covid-19.

Pekerja publik itu terdiri dari:

– pendidik (guru dan dosen),

– pedagang pasar,

– tokoh agama,

– wakil rakyat,

– pejabat negara,

– pegawai pemerintah,

– TNI, Polri, Satpol PP,

– pelayan publik (perangkat desa, BUMN, BUMD, dan pemadam kebakaran),

– pekerja transportasi publik,

– atlet,

– wartawan, dan

– pelaku sektor pariwisata (staf hotel, restoran, dan tempat wisata).

 “Ketika mereka terlindungi lewat vaksinasi, maka kita dapat menurunkan laju penyebaran virus, mengurangi beban rumah sakit, serta membantu tenaga kesehatan,” kata dia dalam konferensi pers, Senin (15/2/2021).

Ia menjelaskan, Pemerintah memprioritaskan vaksinasi untuk guru agar membantu murid-murid yang tidak dapat belajar online karena sejumlah keterbatasan sehingga dapat segera melakukan proses belajar dan mengajar secara tatap muka.

TNI dan Polri serta kelompok pekerja keamanan lain juga menjadi prioritas pemerintah karena memiliki peran penting dalam membantu meningkatkan proses tracing atau penelusuran kontak.

Baca juga: Gara-Gara Covid-19, Jumlah Penduduk Miskin Bertambah Jadi 27,55 Juta Orang

“Sehingga kita dapat menentukan langkah-langkah yang diperlukan sejak dini untuk menurunkan laju penyebaran virus,” ujarnya.

Selain itu, Pemerintah juga memprioritaskan pekerja transportasi publik yang terdiri dari pekerja tiket dan masinis kereta api, pekerja bandara, pilot, pramugari, pekerja pelabuhan, pekerja TransJakarta dan MRT, supir bus, kernet, bahkan kondektur, supir taksi, dan juga ojek online.

Sebagai tahap awal vaksinasi bagi pekerja publik akan dilakukan kepada pedagang pasar yang akan berlangsung di Pasar Tanah Abang pada Rabu, 17 Februari 2021.

Tinggalkan Balasan