Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, April 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Beda Mi Instan Jepang, Korea, China, dan Indonesia

Topcareer.id – Asia merupakan wilayah yang cukup padat penduduk di dunia, terdapat banyak masakan daerah yang berbeda-beda salah satunya mi.

Jika dilihat sepintas mi yang berasal dari Jepang, Korea, China, dan Indonesia tampak sama saja. Tetapi jika diperhatikan lebih seksama sebetulnya ada perbedaan kuliner yang jelas.

Berikut ini perbedaan antara mi instan dari negara-negara tersebut:

Mi instan Jepang (Nissin, Sapporo Ichiban, Maruchan, dll)
Biasanya terbuat dari gandum dan tipis tapi tidak setipis mie beras. Cita rasa tradisional diutamakan pada mi instan Jepang. Ada rasa tradisional Jepang seperti shoyu (kecap), shio (garam) dan miso, serta rasa ramen asli.

Baca Juga: Mengapa Makan Mie Instan saat Sahur Tak Dianjurkan?

Ini mungkin dianggap rasa yang cukup biasa untuk orang Korea dan China tetapi tradisional untuk Jepang. Dan Jepang cenderung tidak bereksperimen dengan rasa yang liar atau tidak perlu. Mereka hanya menyetujui pada rasa yang berhasil untuk mereka.

Bumbu mi instan Jepang jarang ada yang lebih dari 1 bungkus bumbu, ini membuat mi Jepang cukup simple.

Mi instan Korea (Samyang, Nong Shim, Paldo dll)
Tekstur mi jauh lebih tebal dari mi Cina dan Jepang. Hampir seperti Udon. Korea cenderung membuat mi instan yang pedas.

Beberapa merek mi instan Korea bahkan menambahkan sebungkus kimchi (ada kimchi kering maupun yang basah disegel). Mi instan Korea juga membuat bungkusannya cukup sederhana dengan biasanya 1–2 bungkus bumbu saja.

Mi instan China (Jin Mai Lang, Baijia, Baixiang, dll)
Mi cenderung lebih tipis dari mi Jepang dan Korea. Banyak menggunakan bihun, terkadang mi goreng yang lebih tebal juga digunakan.

Rasanya bervariasi, ada yang pedas atau Mala dari paprika Sichuan, dan beberapa bisa manis atau asam. Jumlah paket bumbu dan asesoris dalam kemasannya bisa banyak, terkadang termasuk paket sayuran acar dan banyak paket kecap atau minyak cabai.

Mi Instan Indonesia (Indomie)
Tekstur mi nya agak tipis dan bungkusnya biasanya lebih kecil dibandingkan dengan mi instan China / Jepang / Korea. Alasannya tidak persis diketahui kenapa.

Varian rasa mi instan Indonesia sangat banyak. Untuk mi goreng rasa original dari Indomie sangat favorit mulai dari dalam negeri hingga ke luar negeri. Salah satu pemain sepak bola dari klub Arsenal di Inggris sangat tergila-gila dengan Indomie.

Bungkus bumbunya cenderung berisi rempah dan minyak seperti pada mie China, tetapi tidak ada sayuran dalam kemasan besar.

Nah, kalau kamu lebih suka pilih yang mana nih? Selamat makan mi instan guys!**(RW)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan