TopCareerID

Awal 2021, Indonesia Miliki 170 Juta Pengguna Media Sosial

Media Sosial

Topcareer.id – Menurut laporan dari We Are Social dan Hootsuite dalam “Digital 2021” menunjukkan bahwa pengguna media sosial di Indonesia tercatat ada 170 juta pada Januari 2021. Menurut laporan, jumlah pengguna media sosial ini meningkat.

“Jumlah pengguna media sosial di Indonesia meningkat 10 juta (+ 6,3%) antara tahun 2020 dan 2021,” tulis laporan “Digital 2021” yang dikutip oleh Topcareer.id, Selasa (23/2/2021).

Laporan itu juga menyebutkan, jumlah pengguna media sosial di Indonesia setara dengan 61,8% dari total populasi pada Januari 2021. Populasi Indonesia sendiri pada Januari 2021 tercatat 274,9 juta penduduk.

Sementara, ada 4,2 miliar pengguna media sosial di seluruh dunia. Angka ini telah tumbuh sebesar 490 juta selama 12 bulan terakhir, memberikan pertumbuhan tahun-ke-tahun lebih dari 13 persen.

“Jumlah pengguna media sosial kini setara dengan lebih dari 53 persen dari total populasi dunia,” catat laporan Hootsuite.

Baca juga: Dari 7 Hari, Cuti Bersama Tahun Ini Tinggal Tersisa 2 Hari

Jumlah pengguna media sosial secara global ini melonjak lebih dari 13 persen selama setahun terakhir, dengan hampir setengah miliar pengguna baru menjadikan total global hampir 4,2 miliar pada awal 2021.

Rata-rata, lebih dari 1,3 juta pengguna baru bergabung dengan media sosial setiap hari selama tahun 2020, setara dengan sekitar 15,5 pengguna baru setiap detik.

Jika digabungkan, pengguna media sosial dunia akan menghabiskan total 3,7 triliun jam di media sosial pada tahun 2021 – setara dengan lebih dari 420 juta tahun keberadaan manusia gabungan. Seperti yang telah kita lihat di tahun-tahun sebelumnya, ada perbedaan yang signifikan antar negara.

GWI melaporkan bahwa orang Filipina masih menjadi konsumen media sosial terbesar di dunia, menghabiskan rata-rata 4 jam dan 15 menit per hari menggunakan platform sosial – setengah jam lebih banyak daripada orang Kolombia yang menempati posisi kedua.

Di sisi lain, pengguna di Jepang mengatakan bahwa mereka menghabiskan waktu kurang dari satu jam sehari di media sosial, tetapi angka 51 menit tahun ini masih 13 persen lebih tinggi daripada angka yang kami laporkan untuk pengguna Jepang kali ini tahun lalu.**(Feb)

Exit mobile version