Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Oktober 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

Mengenal Profesi Audiolog, Apa Pekerjaannya?

Topcareer.id – Ketika orang mengalami kesulitan pendengaran, mereka mungkin meminta bantuan audiolog untuk memeriksa gejala mereka dan menentukan pengobatan. Pernahkah kamu mendengar profesi satu ini?

Mengutip Ladders, audiolog adalah praktisi kesehatan yang mengevaluasi dan menangani masalah sistem pendengaran manusia.

“Audiolog bekerja dengan pasien untuk menguji dan mengobati kondisi telinga seperti gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kerusakan pada telinga atau kondisi medis yang melekat, masalah terkait pendengaran kronis seperti tinnitus, dan banyak lagi,” tulis Ladders.

Spesialis ini juga mendiagnosis dan menangani masalah keseimbangan yang disebabkan oleh telinga seperti vertigo, yang dapat terjadi karena penumpukan kalsium atau kotoran di telinga, serta kerusakan saraf telinga bagian dalam.

Audiolog memantau pasien mereka, menasihati mereka tentang rencana perawatan yang tersedia, dan bekerja untuk merancang program rehabilitasi dan komunikasi pendengaran individual.

Karena mereka sering berurusan dengan orang yang kehilangan kemampuan mereka untuk mendengar, aspek lain dari pekerjaan audiolog adalah menyesuaikan orang dengan alat bantu dengar.

Baca juga: Insinyur Ini Sukses Mendaur Ulang Sampah Plastik Menjadi Bata

“Audiolog melakukan evaluasi pendengaran dan menjalankan tes untuk menentukan tingkat gangguan pendengaran seseorang. Mereka bekerja untuk menentukan jenis alat bantu dengar yang terbaik untuk pasien mereka dan membantu pasien dalam mendapatkan dan memasang alat tersebut.”

Jika gangguan pendengaran dianggap besar, dokter bedah mungkin perlu memasang perangkat elektronik internal yang disebut implan koklea di dalam telinga pasien.

Setelah operasi selesai, audiolog memantau implan koklea pasien untuk memastikan bahwa implan tersebut bekerja dengan benar dan menentukan kapan dan jika penyesuaian diperlukan.

Audiolog sering juga bekerja sama dengan ahli patologi wicara, spesialis intervensi, dan ahli THT untuk berkolaborasi dalam rencana perawatan bagi orang yang mengalami masalah dengan sistem pendengaran mereka.

“Misalnya, audiolog pediatrik secara khusus dapat bekerja dengan anak-anak, orang tua, dan guru mereka untuk memfasilitasi rencana belajar sambil mengalami gangguan pendengaran.”

Selain bekerja secara langsung dengan pasien dalam pengaturan klinis, audiolog juga bekerja dalam peran penting sebagai bagian dari tim yang melakukan penelitian yang berkaitan dengan gangguan pendengaran. Dalam peran penelitian tersebut, audiolog juga bekerja untuk mengembangkan dan merancang produk untuk perlindungan pendengaran atau pengujian pendengaran.**(Feb)

Tinggalkan Balasan