Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, April 13, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Cegah Keluarga Miskin, Pemerintah Prioritaskan Kartu Prakerja untuk Calon Pengantin

Topcareer.id – Guna mencegah bertambahnya keluarga miskin, Sesmenko Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Y.B Satya Sananugraha mengatakan pihaknya bakal mempercepat implementasi program Kartu Prakerja bagi calon pengantin (catin) yang menikah di tahun 2021 ini.

“Kartu Prakerja ini merupakan jenis bantuan dari pemerintah untuk calon pengantin yang ingin menikah. Harapannya setelah menikah mereka akan mempunyai kehidupan ekonomi yang baik sehingga tidak lahir keluarga miskin baru,” ujarnya, pada Rabu (3/3/2021).

Berdasarkan data Kemenko PMK, pada bulan Maret 2020 lalu, jumlah keluarga miskin mencapai 9,78% atau meningkat 0,56% poin dari September yang berjumlah 24,79 juta orang (9,22%).

Padahal jumlah angkatan kerja di Indonesia saat ini sebanyak 138,22 juta orang dengan jumlah pengangguran 9,77 juta orang.

Oleh karena itu, Menko PMK menambahkan akan mulai mencari daerah yang akan dijadikan pilot project.

“Semisal, daerah dengan tingkat kemiskinan tinggi atau angka pengangguran yang tinggi akibat terdampak Covid-19 dan belum tersentuh bantuan pemerintah baik reguler maupun non reguler,” tuturnya.

Pria yang akrab disapa Sani tersebut, juga menegaskan akan menginstruksikan kepada kementerian/lembaga terkait agar dapat menyiapkan hal-hal yang diperlukan untuk mempercepat implementasi dari program Kartu Prakerja bagi catin.

Termasuk, mendorong terbitnya berbagai peraturan yang akan dijadikan sebagai payung hukum serta prosedur teknis mulai dari pendaftaran Kartu Prakerja bagi catin baik melalui daring maupun luring.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan