Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, April 12, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Nyamuk, dan Daftar Binatang Paling Berbahaya di Afrika

Dok/African Overland Tours

Topcareer.id – Selain dikenal dengan alamnya yang indah, Afrika juga dikenal karena binatang-binatang liarnya yang beraneka macam.

Banyak orang di dunia yang mengira bahwa binatang buas seperti singa, buaya, atau pun kudanil adalah binatang-binatang yang paling berbahaya.

Padahal, yang paling berbahaya di sana justru si kecil nyamuk. Ya, serangga ini banyak menimbulkan kemalangan bagi para korbannya. akibat penyakit yang dibawanya.

Berikut daftar 7 binatang terbuas yang menghuni Afrika, seperti dikutip dari Tripsavvy.

Kuda Nil
Hewan satu ini memang cukup banyak memangsa manusia di Afrika. Hewan bertubuh besar ini bertanggung jawan atas kematian hampir 3.000 orang setiap tahunnya.

Kuda nil jantan secara aktif mempertahankan wilayah mereka yang membentang di sepanjang tepi sungai dan danau di Afrika. Betinanya pun juga tidak kalah agresif ketika menjaga anak-anaknya. Binatang ini dapat berlari dengan kecepatan lebih dari 20 mil per jam.

Ular mamba hitam
Sebenarnya ular ini tidak sungguh-sungguh berwarna hitam, tetapi memiliki sisik coklat. Mamba hitam adalah spesies ular berbisa terbesar dan paling ditakuti di Afrika. Ular ini juga merupakan ular tercepat dari semua ular di Afrika.

Bisa ular ini dapat membunuh manusia hanya dalam waktu 7 jam saja. Ular ini sangat agresif ketika terpojok dan tidak akan ragu untuk menyerang dengan kecepatan hingga 20 km per jam.

Buaya Nil
Buaya Nil telah membunuh ratusan manusia setiap tahun di Afrika. Binatang buas satu ini dapat ditemukan di hampir semua perairan di Afrika. Penduduk Afrika yang sering beraktivitas di pinggir sungai, sangat rentan terhadap serangan buaya ini.

Ular Puff Adder
Ular ini sebenarnya tidak mengandung bisa yang berbahaya. Tetapi kebiasaan ular ini yang berkamuflase dengan lingkungan membuatnya memilih diam dari pada kabur.

Penyebarannya pun cukup banyak di Afrika. Kematian manusia diakibatkan ular ini karena tidak sengaja menginjak serta perawatan medis yang buruk.

Macan Tutul
Sebagian besar macan tutul akan menghindari manusia, tetapi ada juga yang menganggap manusia adalah mangsanya.

Beberapa macan tutul yang sehat lebih memilih mangsa liar daripada manusia, tetapi apabila mereka kekurangan mangsa atau sakit, mereka cenderung menyerang manusia.

Nyamuk
Satu-satunya pembunuh paling berbahaya di Afrika mungkin adalah nyamuk. Banyak jenis nyamuk yang membawa penyakit yang berbeda, termasuk penyakit yang berpotensi fatal seperti demam kuning, virus Zika, virus West Nile, demam berdarah dan malaria.

Kejadian yang cukup mengerikan terjadi di tahun 2016 lalu, sebanyak 445.000 orang meninggal di seluruh dunia karena nyamuk dan 91% di antaranya terjadi di Afrika.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply