Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, April 24, 2024
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Virus Corona Bisa Menyebabkan Anggota Tubuh Menghitam?

Ilustrasi virus korona. (dok. Forbes)

Topcareer.id – Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM, dr. RM. Agit Sena Adisetiad mengatakan virus corona ternyata dapat memicu gangren.

Bagi yang belum tahu, gangren ini dapat terjadi karena kematian jaringan yang terjadi pada anggota tubuh atau kulit, karena kehilangannya suplai darah atau akibat infeksi.

Hal inimencuat setelah seorang wanita berusia 86 di Italia melaporkan bahwa dirinya mengalami perubahan warna kulit di bagian jarinya yang disertai rasa nyeri pada bagian tersebut.

“Beberapa jari tangan wanita tersebut menghitam karena kematian jaringan pada anggota tubuh sehingga dokter harus mengambil tindakan amputasi pada tiga jari tangannya,” ujarnya dilansir dari ugm.ac.id, Jumat (5/3/2021).

Lebih lanjut Agit menjelaskan, gangguan aliran pembuluh darah ke organ tangan atau kaki secara cepat atau biasa disebut akut limb iskemik (ALI) ini bisa terjadi pada 3-15% kasus pasien Covid-19 rawat inap.

“Terdapat sejumlah faktor risiko terjadinya ALI seperti penyakit jantung, penyakit gangguan kekentalan darah, dan kanker,” tambahnya.

Selain diakibatkan Covid-19, Agit juga menyebutkan bahwa gangren bisa muncul akibat adanya gangguan pembekuan darah, diabetes, serta infeksi. Dengan begitu, orang-orang dengan gangguan kesehatan atau penyakit tersebut berisiko terkena gangren.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply