Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, April 12, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Alami Penurunan Jabatan? Ini Tips agar Resume Kamu tetap Baik

Ilustrasi

Topcareer.id – Sejak munculnya pandemi COVID-19 yang membuat banyak tenaga kerja terpaksa di-PHK atau pindah ke tempat baru, tak jarang yang mengalami penurunan pangkat karena harus bekerja di tempat yang sama sekali baru.

Hal ini menjadi momok bagi banyak karyawan yang ingin berpindah lagi ke perusahaan lain untuk mencari penghasilan yang lebih baik.

Perlu kamu ketahui, demosi atau penurunan jabatan bukanlah pembunuh karier seperti dulu. Banyak pekerja sekarang menerima penurunan pangkat di industri baru sebagai sarana untuk memajukan karier mereka.

Namun, cara kamu mengatasi penurunan jabatan atau pangkat dalam resume harus memposisikan dirimu secara efektif.

Penurunan pangkat bisa diambil sebagai langkah karier strategis, atau untuk mencegah pengangguran. Yang pasti, penurunan pangkat tidak boleh memberikan bukti kinerja yang buruk, atau jalur karier yang tidak fokus.

Baca juga: Moderna Mulai Meneliti Vaksin COVID-19 Pada Anak-Anak

1) Renungkan alasan di balik penurunan pangkat dan jujurlah tentang perasaanmu
Demosi seringkali membuat dirimu mengalami penghinaan, kekecewaan, dan depresi, ini bisa membuatmu sulit untuk fokus menulis resume positif yang menjual keterampilanmu. Sadarilah emosi-emosi ini sebelum kamu duduk untuk menulis pembahasan tentang penurunan pangkat di resume kamu.

2) Susun resume menggunakan format kronologis yang merinci pengalaman kerja terbalik
Biasanya resume menceritakan pengalaman kerja dari yang terbaru dan mundur pada pengalaman kerja di masa lalu. Jika kamu mengalami demosi, kamu sebaiknya melakukan sebaliknya.

Misalnya, jika kamu bekerja di Perusahaan X dalam jabatan kamu sebelumnya dari 2008 hingga 2011, lalu menerima penurunan pangkat pada tahun 2011 dan telah menjalani peran itu sampai sekarang, beri judul entri “Perusahaan X: 2008 hingga saat ini.”

3) Cantumkan posisi lama terlebih dahulu dan letakkan posisi baru di bawahnya
Menggunakan contoh di atas, resume kamu akan berbunyi, “Perusahaan X: 2008 hingga saat ini; jabatan pekerjaan sebelumnya; jabatan pekerjaan saat ini.” Dengan demikian, apa yang kamu tulis pada resume tidak akan langsung terlihat menandakan penurunan pangkat.

4) Gunakan poin-poin untuk mendeskripsikan tanggung jawab setiap peran
Dalam menerangkan job desc, sebaiknya kamu lebih menekankan tanggung jawab pada jabatan yang kamu pegang sebelum diturunkan pangkatnya.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply