Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, November 28, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Terancam kena PHK? Persiapkan Dirimu lewat 5 Hal Ini

Kemnaker minta manajemen Giant hindari PHKIlustrasi PHK. Dok/Dice Insights

Topcareer.id – Dengan pendapatan yang semakin menurun, sebuah perusahaan akan sangat mungkin untuk melakukan PHK, atau setidaknya pemangkasan pegawai, dimana siapapun berisiko untuk terkena imbasnya.

Oleh karena itu, ada baiknya bagi kamu untuk mempersiapkan diri menghadapi ini. Terlebih jika kamu sedang berada di usia 20-an atau baru saja bekerja di sana. Karena seperti dikutip dari The Balance Careers, dua tipe itu adalah yang paling rentan terkena pemangkasan.

Sebelum memulai, kamu juga perlu mengenali ciri-cirinya, mulai dari berkurangnya jumlah klien, tidak ada kenaikan gaji, atau tanggal gajian sudah mulai tidak tepat waktu lagi.

Namun di luar itu, meski bisnis perusahaan sedang berjalan baik, kemungkinan-kemungkinan adanya pemangkasan tetap harus kamu perkirakan.

Baca juga: Besaran Pesangon yang Diterima Pekerja Jika Terkena PHK

Buat pengaturan budget
Cobalah dari sekarang, pikirkan bagaimana cara melunasi utang-utangmu, agar tak jadi beban saat PHK benar-benar terjadi.

Mulailah berhemat juga, dan buat pengaturan budget yang ketat, agar kamu memiliki bekal yang cukup, ketika kamu kehilangan pekerjaan.

Sudah berapa banyak dana daruratmu?
Jangan sekali-kali memakai dana darurat hanya demi kesenangan ysatu atau dua hari. Sebaliknya, terus perbanyak jumlah dana daruratmu, setidaknya sampai bisa menutupi kebutuhan keuanganmu selama 6 bulan, di saat kamu tidak bekerja. Lakukan sejak dini, agar kamu tak kewalahan untuk mengumpulkannya.

Pastikan kebutuhan kesehatanmu tercover dengan baik
Coba cek BPJS kesehatanmu, apakah sudah aktif dan tercover dengan baik? Pastikan segala hal yang berhubungan dengan kesehatanmu telah tertangani dengan baik, agar kamu bisa tetap mendapat akses ke fasilitas kesehatan meski sedang mengalami masa-masa sulit.

Lisensikan skill dan terus perbarui
Semakin ke sini, akan semakin banyak wajah-wajah baru yang memiliki keahlian di bidangmu. Jangan kalah sama mereka!

Teruslah perbarui skillmu dan sebisa mungkin dapatkan sertifikasi yang akan membuat skillmu semakin diakui. Dengan begini, kamu akan siap untuk bersaing dengan mereka, dalam mendapatkan pekerjaan baru nanti.

Bangun koneksi
Selain skill, hal terpenting yang harus kamu miliki adalah network yang kuat. Bangunlah itu sejak sekarang, terus perbanyak koneksi dengan orang-orang baru, dan raih kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Tetap positif
Hanya karena kamu sedang memikirkan kemungkinan adanya PHK, bukan berarti kamu bisa bermalas-malasan menunggunya.

Tetaplah bersikap positif, tunjukkan kinerja terbaikmu, dan berikan prestasi yang bagus agar perusahaan berpikir dua kali untuk melepasmu.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan