TopCareerID

Pilihan Karier Lulusan Manajemen Maritim dan Shipping

Topcareer.id – Kamu mungkin mendambakan sensasi dan kepuasan dari karir manajerial yang tidak mengikat jam kantor 9-5 jam dan berdiam di ruang kantor yang menjemukan.

Jika hal di atas memang kamu inginkan, kamu bisa mempertimbangkan karier di bidang manajemen kelautan (maritim) dan perkapalan (shipping) bisa menjadi pilihan ideal untuk kamu.

Apa yang dimaksud dengan manajemen maritim dan shipping?
Mengelola pekerjaan dermaga, berkoordinasi dengan perusahaan logistik untuk pergerakan barang, hingga menangani pengadaan bahan perkapalan untuk membangun kapal baru dan memperbaiki yang lama, semua kegiatan ini berada di bawah lingkup manajemen maritim dan shipping.

Baca Juga: Wawancara Eksklusif – Direktur Akpelni Capt Fajar : Peluang Kerja Pelaut Masih Besar

Alasan bagus untuk mengejar gelar manajemen shipping
Industri perkapalan menyumbang sebagian besar perdagangan dan logistik internasional. Dengan globalisasi dan peningkatan komunikasi antar negara, hal ini diharapkan akan meningkat. Hasilnya, ribuan pekerjaan baru dan menarik tercipta di dalam industri ini.

Berikut ini manfaat lain yang bisa kamu dapat sebagai lulusan manajemen shipping:

Apa perbedaan karier shipping dengan maritim?
Dengan ilmu manajemen shipping kamu akan dapat memahami dan menerapkan strategi yang tepat dalam manajemen maritim. Kamu juga dapat memberikan solusi untuk masalah hukum kelautan internasional, yurisdiksi pesisir, dan legalitas navigasi.

Lulusan Master dari manajemen shipping bisa mengejar karier di banyak domain seperti perdagangan internasional, logistik, asuransi maritim, ekonomi perkapalan, manajemen pelabuhan, manajemen galangan kapal, dan hukum perkapalan.

Sementara itu peran menarik juga tersedia untuk kamu yang berminat berkarier di industri maritim:

Selain pekerjaan di atas, kamu juga dapat mengejar karier sebagai petugas perencanaan dan pengembangan perusahaan pelayaran, manajer operasi pengiriman, manajer ekspor dan impor, petugas lingkungan maritim atau petugas perencanaan pelabuhan.**(RW)

Exit mobile version