Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Mei 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

8 Manfaat Hebat Makan Buah Kurma (Bagian 2)

Mengapa umat Islam makan kurma saat berbuka puasa

Topcareer.id – Kurma, buah dengan kelimpahan nutrisi serta sumber serat, potasium, dan kalsium yang kaya ini telah menjadi makanan pokok di meja makan pada bulan Ramadan.

Berasal dari gurun di Timur Tengah dan beriklim tropis, kurma juga bisa menjadi bahan penyegar, apalagi jika bicara soal puasa.

Kurma benar-benar merupakan sumber nutrisi. Namun, mereka juga sebagian besar terdiri dari karbohidrat sederhana, terutama glukosa dan fruktosa, oleh karena itu seperti semua makanan, moderasi adalah kunci saat makan buah ini.

Mengkonsumsi satu porsi kurma yang terbaik yaitu hanya tiga hingga lima potong, namun waspadai tambahan gula dalam bentuk sirup glukosa yang digunakan untuk mempermanisnya.

Bagi penderita diabetes batang dan mereka yang mengalami resistensi insulin, manfaat kesehatan dari kurma jauh lebih besar daripada kandungan gulanya yang tinggi secara alami.

Berikut ini beberapa kebaikan dari makan buah ini, menurut spesialis nutrisi dan diet Demet Cerit dari Acıbadem Atakent Hospital, Turki.

Bagian kedua dari artikel:

5) Baik untuk jantung
Kurma dikenal sebagai sumber potasium yang sangat baik, mineral penting yang bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Kalium terlibat dalam memastikan konduksi saraf, mengatur denyut nadi dan tekanan darah. Penelitian mengungkapkan bahwa diet kaya kalium membantu menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, dan mengurangi risiko stroke.

6) Melindungi dari penyakit mata
Penelitian telah menunjukkan bahwa kurma adalah sumber zeaxanthin dan lutein yang kuat, yang merupakan jenis karotenoid yang ada di jaringan mata dan memiliki sifat antioksidan. Kurma bermanfaat dalam mencegah perkembangan katarak dan degenerasi makula pada individu lanjut usia.

7) Baik untuk sistem saraf dan energi
Kurma mengandung vitamin B1, B2, dan niasin (B3) dalam kadar sedang, serta vitamin B6 yang membantu tubuhmu memenuhi kebutuhan vitamin B harian. Vitamin B terlibat dalam metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Mereka juga memainkan peran penting dalam fungsi sistem saraf yang sehat. Kekurangan vitamin B bisa mengakibatkan penurunan tingkat energi, kelemahan, kelelahan dan masalah konsentrasi apalagi saat sedang berpuasa.

8) Kunci untuk tulang yang kuat
Kalsium dan fosfor adalah dua mineral yang bekerja sama untuk melindungi kesehatan tulang dan penyerapannya meningkat jika dikonsumsi bersamaan. Mengkonsumsi kurma, yang mengandung mineral seperti kalsium, magnesium dan seng serta fosfor, setiap hari membantumu meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah kondisi seperti osteoporosis.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan