Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 18, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

WhatsApp Bisa untuk Transfer Uang di Negara Ini

Aplikasi Whatsapp. (dok. Telegraph)

Topcareer.id – Layanan pesan WhatsApp meluncurkan kembali layanan transfer uang antar individu di Brazil. Kata CEO Mark Zuckerberg, Selasa (4/5).

Setelah fitur tersebut mengalami pemblokiran dari bank sentral setahun yang lalu, kini WhatsApp bisa menggunakan fitur transfer uang lagi.

Brazil adalah negara kedua tempat layanan pengiriman pesan meluncurkan fitur transfer uang. Negara pertama adalah India.

Pasar WhatsApp India terbesar dengan 400 juta pengguna, WhatsApp mendapat persetujuan untuk memulai layanan keuangan pada aplikasinya sejak November 2020.

Dengan menggunakan nomor kartu debit atau prabayar, pengguna WhatsApp di Brazil dapat mengirim dana hingga USD 947 atau sekitar Rp 13,5 juta per bulan.

Peluncuran fitur baru akan berjalan secara bertahap, kata Chief Operating Officer Matthew Idema dalam sebuah wawancara.

Pada bulan Juni 2020, Aplikasi perpesanan milik Facebook itu telah meluncurkan layanan pembayarannya di Brazil, tetapi bank sentral menangguhkannya beberapa hari kemudian.

Bank sentral menduduh fitur tersebut dapat merusak sistem pembayaran di negara itu dalam hal persaingan, efisiensi, dan privasi data.

Selain meninjau jaringan pembayaran, otoritas moneter juga meminta raksasa teknologi tersebut disahkan sebagai perusahaan jasa keuangan di Brazil.

Baca juga: Mark Zuckerberg: Pesaing WhatsApp Bukan Telegram Atau Signal, Tapi…

Hal ini mendorong Facebook untuk membuat unit baru bernama Facebook Pagamentos do Brasil, yang kini diatur oleh bank sentral.

Idema mengatakan pembicaraan dengan bank sentral masih berlangsung dan Facebook mengharapkan peluncuran pembayaran pedagang terjadi tahun ini.

Ia pun menolak berkomentar apakah fitur baru pengiriman uang via aplikasi tersebut akan menjadi layanan berbayar.

“Peluncuran fitur pembayaran via WhatsApp sangat menarik, karena bisa meningkatkan jumlah penggunaan aplikasi terssbut,” kata Idema.

WhatsApp memulai layanan pembayarannya dalam kemitraan dengan jaringan kartu Visa Inc dan Mastercard dan pemroses pembayaran Cielo SA.

Semuanya akan beroperasi dengan kartu dari penerbit Banco do Brasil SA (BBAS3.SA), Banco Inter, Banco Bradesco SA (BBDC4.SA), Itau Unibanco Holding SA (ITUB4.SA), fintech Nubank, MercadoLibre’s (MELI.O) Mercado Pago dan Sicredi.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply