TopCareerID

Pentingnya Interaksi Penggemar dalam Strategi Marketing

Ilustrasi fans. Dok/GettyImages

Ilustrasi fans. Dok/GettyImages

Topcareer.id – Hubungan antara artis dan penggemar adalah salah satu hal yang telah beradaptasi secara bertahap selama bertahun-tahun.

Di masa lalu, penggemar jarang bisa melihat bintang favorit mereka, apalagi mengobrol dengan mereka.

Saat itu, interaksi artis dengan penggemarnya hanya dalam bentuk surat. Dan fans tidak bisa merasa dekat dengan bintang favorit mereka.

Sekarang, media sosial menawarkan begitu banyak peluang untuk interaksi antara artis dan fans.

Hal ini tentu menjadi manfaat peluang sebagai bagian dari strategi marketing online.

Restoran cepat saji McDonalds dan boyband ternama dunia asal Korea Selatan BTS memanfaatkan pelang ini.

Dengan media sosial dan nama besarnya, mereka menggunakan interaksi dengan penggemar untuk mempromosikan BTS Meal di seluruh dunia.

Hasilnya, para fans menyerbu restoran cepat saji tersebut saat peluncuran menu baru BTS Meal.

Restoran meraup keuntungan berlipat ganda, sementara sang artis pun namanya semakin melambung.

Mengapa interaksi dengan penggemar itu sangat penting dalam strategi online dan marketing? Ini alasannya.

Membuat audiens tertarik
Dengan berinteraksi dengan penggemar, artis atau brand memastikan agar mereka tetap tertarik dengan apa yang mereka sajikan.

Menggunakan media sosial hanya untuk memposting konten promosi dan tidak menanggapi dapat tampak seperti robot.

Saat sedang dalam proses menumbuhkan basis penggemar, initeraksi dengan mereka sangat penting.

Menanggapi penggemar adalah motivator hebat untuk mendukung karier suatu artis atau brand.

Membangun koneksi yang solid
Setiap kali menanggapi seorang penggemar, artis atau brand berarti berusaha membangun hubungan yang bermakna dengan individu tersebut.

Satu tanggapan sederhana saja dapat mengubah hubungan sepihak menjadi hubungan yang solid dan bermakna.

Semakin banyak orang merasa terhubung, semakin banyak keterlibatan dan hasilnya artis atau brand tersebut akan tumbuh.

Pada akhirnya, penggemar akan memberikan tingkat keterlibatan tertentu dan akan mulai membagikan atau mempromosikan si artis atau brand tersebut.

Baca juga: Cerita Taylor Swift dan Ariana Grande Bantu Ekonomi Penggemar yang Terdampak Corona

Daya tarik manusia
Menanggapi juga memberi daya tarik yang jauh lebih manusiawi sebagai seorang artis atau pemilik brand ternama.

Meluangkan waktu untuk mendobrak batas antara artis atau brand dan pengikutnya dapat memberi daya tarik yang lebih manusiawi.

Berhentilah terlalu sering berpromosi, bangunlah hubungan yang bermakna dengan para pengikut, maka akan terasa manfaatnya dalam jangka panjang.

Memberi hadiah kepada audiens
Pada akhirnya, kampanye pemasaran terbaik melibatkan pemberian keuntungan untukpara pengikut atau fans.

Ini adalah alasan sederhana mengapa kompetisi di media sosial selalu memancing begitu banyak keterlibatan organik daripada posting promosi biasa.

Interaksi terhadap penggemar juga memberikan sesuatu. Lebih banyak penggemar yang menjangkau berarti lebih banyak keterlibatan, percakapan, dan jangkauan.

Menawarkan sesuatu sebagai imbalan adalah satu-satunya cara paling efektif untuk mendorong keterlibatan dari penggemar.

Semakin banyak orang yang membuat hubungan bermakna dengan artis atau brand, semakin jauh pesan si artis atau brand menyebar.

Secara keseluruhan, seorang artis atau suatu brand yang teratur meluangkan waktu untuk menanggapi penggemarnya akan mengalami peningkatan keterlibatan sebagai hasilnya.**(Feb)

Exit mobile version