Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Fix, Kuota Haji 2021 Cuma untuk 2 Kelompok Ini

Arab Saudi izinkan 60 ribu jemaah lakukan ibadah haji

Topcareer.id -Belum lama ini Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan bahwa tidak ada pemberangkatan haji di tahun ini dengan alasan keselamatan karena pandemi dan belum jelasnya pembukaan ibadah haji dari Arab Saudi sendiri.

Namun, pada Sabtu (12/6/2021) kemarin, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memastikan jika Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah memutuskan skema haji tahun 2021 ini hanya diperuntukan bagi warga negara Saudi dan warga asing (ekspatriat) yang saat ini tinggal di sana.

“Pemerintah Saudi mengumumkan haji hanya dibuka untuk domestik dan ekspatriat saja. Dengan menimbang keselamatan dan keamanan jemaah dari ancaman Covid-19 yang belum reda. Sebagaimana Pemerintah RI, keselamatan dan keamanan jemaah, selalu menjadi pertimbangan utama,” ujar Menag.

Baca Juga: Catat! Begini Prosedur Pengembalian Setoran Pelunasan Biaya Ibadah Haji

Menurut Menag, keputusan ini menjadi pedoman yang jelas bagi umat muslim seluruh dunia sekaligus mengakhiri polemik atau munculnya informasi hoaks selepas pengumuman pembatalan keberangkatan jemaah haji Indonesia pada 3 Juni lalu.

“Keputusan Saudi senapas dengan semangat Indonesia yang ingin menjaga keselamatan jemaah. Diharapkan masyarakat untuk patuh menjaga protokol kesehatan agar Covid segera tertangani sehingga jika tahun depan haji bisa dilaksanakan lagi kita sudah siap,” tambahnya.

Menag pun memastikan bahwa pemerintah Indonesia akan secara aktif dan lebih dini melakukan komunikasi dengan Pemerintah Saudi untuk mempersiapkan pelaksanaan haji jika tahun 2022 ibadah haji dibuka kembali.

“Kita sekarang akan fokus pada persiapan penyelenggaraan haji 1443 H. Mari sama-sama berdoa semoga pandemi segera berlalu. Ibadah haji tahun depan bisa berjalan dengan normal dan tenang kembali. Innallaha ma’ana,” pungkasnya.**(RW)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply