Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juli 6, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Pahami Pro dan Kontra Menjadi Digital Nomad (Bagian 2)

Sumber foto: Thclabs.orgSumber foto: Thclabs.org

Topcareer.id – Baru-baru ini ada sebutan bagi mereka yang memilih melakukan pekerjaan dari jarak jauh atau dari rumah, yakni digital nomad. Digital nomad adalah orang-orang yang bekerja secara virtual, dan seringkali dari berbagai lokasi, bahkan di seluruh dunia.

Jadi suatu hari, kamu mungkin memang bekerja dari rumah, tetapi hari berikutnya mungkin di Starbucks, di taman, atau bahkan dari pantai di Bali. Kedengarannya mengasyikkan, bukan?

Apa itu digital nomad?

Mengutip Ladders, digital nomad menjalani gaya hidup nomaden, berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain dan tetap terhubung secara digital. Pengembara digital menggunakan teknologi dan alat komunikasi untuk menyelesaikan pekerjaan dari jarak jauh untuk bepergian ke negara atau dunia.

Beberapa pengembara yang bekerja tinggal di satu lokasi untuk sementara waktu, berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Beberapa memilih untuk mengubah kota atau negara lebih sering. Mereka bekerja dari kedai kopi, kamar hotel, pesawat, ruang kerja bersama, dan bahkan trailer perjalanan.

Namun, meski kedengarannya mengasyikkan, gaya hidup yang muncul di masa pandemic ini tetap ada pro kontranya, positif dan negatif. Berikut kebaikan dan keburukan menjalani hidup digital nomad.

Baca juga: Mau Kerja Jadi Lebih Ringan? Coba Terapkan Hal Ini (Bagian 2)

Kontra: Kesepian

Sama seperti karyawan rumahan lainnya, pekerja nomaden digital mungkin mendapati diri mereka bergulat dengan isolasi, tetapi upaya mereka untuk terhubung dengan rekan kerja mungkin bahkan lebih ekstrem. Jika ini terdengar terlalu intens untukmu, itu adalah aspek utama yang perlu dipertimbangkan.

Kontra: Masalah zona waktu

Tergantung di mana kamu bepergian, kamu mungkin beberapa jam di depan atau di belakang rekan kerja. Perbedaan zona waktu mungkin mengharuskanmu bekerja di malam hari atau dini hari. Itu bisa berarti jam 3 sore untuk tenggat waktu bagimu atau rapat sebenarnya di tengah malam jika kamu berada di negara yang berbeda dari head office.

Memiliki pemahaman yang jelas tentang bagaimana zona waktu yang berbeda mempengaruhi kapan dan bagaimana kamu memenuhi kewajiban kerjamu, dan bagaimana menetapkan batasan dengan rekan kerja atau klien.

Kontra: Masalah internet/koneksi

Kita semua tahu bahwa hotspot dan koneksi Wi-Fi kafe tidak selalu yang paling dapat diandalkan. Mungkin ada saat-saat ketika kamu tidak dapat terhubung. Atau kamu harus membayar banyak uang untuk mengakses internet. Rencanakan untuk masalah akses internet dan miliki banyak cadangan.

Tinggalkan Balasan