Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, September 19, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Tiga Provinsi Ini Konsisten Sumbang Kasus Covid-19 Terbanyak

lima provinsi ini dominasi kasus covid-19 aktif di IndonesiaIlustrasi virus corona COVID-19. (pexels)

Topcareer.id – Indonesia masuki gelombang kedua (second wave) pandemi Covid-19 di mana tiga provinsi konsisten menyumbangkan kasus positif terbesar. Ketiga provinsi itu, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah, disusul kemudian Jawa Timur.

Ketiga provinsi itu sama-sama berkontribusi besar pada kenaikan kasus baik pada puncak pertama maupun puncak kedua. Adapun Sulawesi Selatan yang turut berkontribusi pada puncak pertama, tidak kembali berkontribusi di puncak kedua dan posisinya digantikan oleh Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Masyarakat, terutama di ketiga Provinsi ini harus berkontribusi dalam menekan lonjakan kasus covid-19. Upaya penanganan adalah upaya kolektif. Untuk itu, inisiatif masyarakat dalam menekan dan mengendalikan kasus menjadi sangat penting,” kata Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito dalam keterangan persnya, Selasa (30/6/2021).

Data Satgas Covid-19 per 29 Juni 2021, DKI Jakarta menambahkan 7.379 kasus dan kumulatifnya 535.788 kasus, Jawa Barat menambahkan 3.908 kasus dan kumulatifnya 376.982 kasus, Jawa Tengah menambahkan 2.932 kasus dan kumulatifnya 251.604 kasus.

Lalu Jawa Timur menambahkan 1.065 kasus dan kumulatifnya 171.830 kasus serta DI Yogyakarta menambahkan 850 kasus dan kumulatifnya 59.567 kasus.

Baca juga: Rencana PPKM Mikro Darurat: Mall Cuma Boleh Buka Sampai Jam 5 Sore

Wiku melanjutkan, jika terpapar, mengalami gejala Covid atau memiliki kerabat yang terkena Covid, jujurlah dengan segera melapor kepada ketua RT setempat agar segera ditindaklanjuti oleh Puskesmas.

“Jangan khawatir jika petugas tracing datang untuk melacak kontak erat, dan jangan takut di-swab karena hal ini perlu dilakukan agar kasus positif ditangani dengan cepat sehingga tidak bertambah parah,” ujar Wiku.

Ia mengimbau, masyarakat harus terus meningkatkan kedisiplinan protokol kesehatan. Jangan lengah dan abai, serta merasa aman karena sudah divaksin. Ia menyampaikan, kekebalan komunitas baru dapat tercapai apabila vaksinasi telah mencakup 70 persen populasi.

Kasus Covid-19 mingguan di Indonesia telah mencapai puncaknya, bahkan lebih tinggi dari puncak kasus yang terjadi pada Bulan Januari 2021.

Pada puncak yang pertama di Januari 2021, jumlah kasus mingguan mencapai 89.902 kasus, sedangkan pada minggu ini angkanya jauh lebih tinggi, yaitu mencapai 125.396 kasus.

Tinggalkan Balasan