Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Juli 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ingin Dilirik Google? Miliki 4 Soft Skill Ini

Salah satu kantor Google di China. (dok, Abacus News)

Topcareer.id – Pernahkah kamu bertanya-tanya keterampilan dan atribut apa yang benar-benar membuat Google tertarik dan merekrut kandidatnya?

Tulisan karya Thomas L. Friedman untuk The New York Times, “How to Get a Job at Google,” merujuk pada wawancara antara Adam Bryant dari Times dan Laszlo Bock, wakil presiden senior operasi sumber daya untuk Google.

Bock mengungkapkan apa sih yang Google cari saat merekrut karyawan baru, dan ini bukan hanya skill coding saja, tetapi 4 soft skill ini juga paling diinginkan Google ada pada kandidatnya:

1) Cepat belajar dan tangkas
Bock mengatakan salah satu soft skill paling penting untuk diterima bekerja di Google adalah kemampuan untuk belajar hal baru dan tangkas.

Cepat memahami potongan data acak yang diuji Google melalui wawancara perilaku. Mungkin sulit untuk menunjukkan ini di resume, tetapi bukan tidak mungkin.

Kamu bisa ceritakan tentang saat kamu dipaksa membuat keputusan berdasarkan banyak data atau informasi yang berubah.

Lalu, bagi cerita kamu menjadi empat bagian yakni: Situasi, Tugas, Tindakan, dan Hasil.

Kamu dapat memukau perekrut dengan menggunakan cerita tertentu selama wawancara dan dengan menyertakan versi singkat di profil LinkedIn kamu.

2) Jiwa kepemimpinan dalam menghadapi masalah
Ketika menghadapi masalah sebagai bagian dari tim, bagaimana kamu bereaksi?

Pernahkah kamu berada di tim di mana tidak ada yang menawarkan solusi untuk masalah atau mengambil langkah untuk mencoba dan memperbaikinya?

Menurut Bock, Google mencari orang dengan soft skill kepemimpinan, yaitu orang yang berani maju dengan solusi ketika ada masalah.

Memegang posisi yang kuat atau peran kepemimpinan tradisional tidak cukup.

Jiwa kepemimpinan yang muncul ketika kamu sebagai seorang anggota tim maju untuk campur tangan selama krisis dan dengan mudah melangkah kembali ke peran timnya lagi setelah masalah teratasi, itu yang Google mau dari karyawannya.

Cara terbaik untuk membuktikan kualitas kepemimpinan kamu adalah dengan mendapatkan rekomendasi di LinkedIn dari rekan kerja dan atasan lama kamu yang menunjukkan kemampuanmu untuk melangkah maju.

Baca juga: Soft Skill yang Wajib Dimiliki para Profesional Teknologi

3) Kerendahan hati intelektual
Apakah kamu menguasai pekerjaan dan meiliki ide sendiri, namun kamu tahu kapan harus mundur untuk mengalah ke ide orang lain yang lebih baik?

Jika iya, berarti kamu memiliki soft skill kerendahan hati intelektual yang berarti kamu tidak membiarkan ego menghalangimu.

Bock menggambarkan kerendahan hati intelektual sebagai kemampuan untuk memperjuangkan ide-ide dengan gigih, tetapi ketika informasi dan ide baru diperkenalkan, kamu bisa merangkul arah baru yang lebih berkembang.

Kerendahan hati juga merupakan kemampuan untuk melakukan apa pun yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Pada kenyataannya, disiplin dan tidak keberatan untuk membantu membuang sampah dan menjaga lingkungan tetap bersih bisa menjadi latihan yang bagus.

4) Ingin tahu dan suka belajar
Bock mencatat bahwa karyawan yang memiliki keinginan untuk belajar dan sifat ingin tahu terkadang sampai pada kesimpulan yang sama seperti yang dilakukan oleh seorang ahli.

Yang lebih menarik adalah bahwa non-ahli pun dapat datang dengan ide atau solusi yang sama sekali baru. Ini dapat mengarah pada solusi inovatif dan arah baru.

Tunjukkanlah kecintaan dirimu dalam hal mempelajari hal apapun.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan