Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Covid-19

WHO: Manfaat Vaksin mRNA COVID-19 Lebih Besar Daripada Risikonya

vaksin gotong royongFoto ilustrasi

Topcareer.id – Manfaat vaksin mRNA COVID-19 lebih besar daripada risiko yang sangat kecil yang mungkin menyebabkan peradangan jantung.

Menurut panel penasihat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), suntikan vaksin mRNA bisa mengurangi kemungkinan rawat inap dan kematian.

WHO mengatakan bahwa laporan dari kondisi langka seperti miokarditis, radang jantung, dan lapisannya yang disebut perikarditis, biasanya terjadi dalam beberapa hari setelah vaksinasi, terutama di antara pria yang lebih muda setelah dosis kedua.

“Kasus miokarditis dan perikarditis yang sangat jarang telah diamati setelah vaksinasi dengan vaksin mRNA COVID-19,” kata WHO.

Hal ini merujuk pada dua vaksin yang menggunakan teknologi tersebut yakni Pfizer-BioNTech dan Moderna.

“Manfaat vaksin mRNA COVID-19 lebih besar daripada risiko dalam mengurangi rawat inap dan kematian akibat infeksi COVID-19,” WHO menambahkan.

Data yang tersedia menunjukkan miokarditis dan perikarditis setelah vaksinasi “umumnya ringan” dan merespons pengobatan seperti istirahat atau obat antiinflamasi nonsteroid.

“Individu yang divaksinasi harus diinstruksikan untuk mencari perhatian medis segera jika mereka mengembangkan gejala yang menunjukkan miokarditis atau perikarditis.

Gejalanya seperti onset baru dan nyeri dada yang menetap, sesak napas, atau palpitasi setelah vaksinasi.

Baca juga: Prancis Rekomendasikan mRNA sebagai Dosis Kedua setelah Vaksin AstraZeneca

Sebelumnya, regulator obat Eropa mengatakan telah menemukan kemungkinan hubungan antara peradangan jantung yang sangat langka dan vaksin dari Pfizer-BioNTech dan Moderna.

Namun mereka juga tetap menekankan bahwa manfaat suntikan vaksin mRNA masih lebih tinggi daripada risiko apa pun.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply