TopCareerID

Account Manager dan Account Executive, Apa bedanya?

Topcareer.id – Meskipun account manager dan account executive mungkin terdengar sama, mereka sebenarnya sangat berbeda.

Jika kamu tertarik dalam dunia penjualan, penting untuk memahami perbedaan antara kedua peran tersebut saat melamar karier tersebut.

Artikel ini menjelaskan apa peran dan tanggung jawab seorang manajer akun dengan seorang account executive. Sehingga kamu bisa melihat perbedaannya

Peran dan tanggung jawab account manager
Account manager merupakan bagian dari tim penjualan. Tanggung jawab utama mereka adalah memastikan kepuasan klien setelah mereka menandatangani kontrak penjualan.

Seringkali, account manager menangani beberapa akun klien sekaligus.

Mereka biasanya bertemu dengan klien dengan karyawan internal dalam tim penjualan untuk mempelajari sebanyak mungkin tentang klien tersebut.

Beberapa tugas dan tanggung jawab utama seorang account manager:

Account executive
Ini merupakan bagian dari tim penjualan. Tanggung jawab pekerjaan utama mereka adalah menemukan dan menandatangani klien baru untuk perusahaan.

Mereka biasanya tidak mengawasi tim. Namun, mereka mewakili perusahaan untuk menemukan dan membangun hubungan dengan klien baru.

Account executive bekerja terutama dengan klien potensial tetapi juga dapat bertemu dengan account manager untuk berbagi informasi tentang klien selama transfer pelanggan dari account axecutive ke account manager.

Tugas dan tanggung jawab utama seorang account executive meliputi:

Baca juga: Tips Bersosialisasi dengan Manajer setelah Jam Kerja

Perbedaan utama antara manajer akun dan eksekutif akun
Meskipun sama-sama bekerja secara langsung dengan klien, fokus utama mereka berbeda dalam hal-hal penting.

Account executive akun membuat kontak pertama dengan klien potensial dan memfokuskan pekerjaan mereka untuk mendapatkan kerjasama dengan klien.

Account manager akan memulai hubungan mereka dengan klien setelah account executive berhasil mendapat tanda tangan kontrak penjualan dari klien.

Seorang account manager wajib bisa menjaga hubungan baik antara klien dengan perusahaan tanpa terkecuali.**(Feb)

Exit mobile version