Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Juli 2, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Dukung Industri Ikan Hias, Pemerintah Berencana Buat Pameran Internasional

Ilustrasi cupang

Topcareer. Id – Pemerintah memastikan akan terus memberikan dukungan terhadap pertumbuhan industri ikan hias di Tanah Air.

Menurut Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, di tengah pandemi Covid-19, ikan hias termasuk komoditas sektor perikanan yang tetap tumbuh subur karena banyak peminatnya.

Dan salah satu yang menurutnya penting dilakukan, adalah dengan menggelar pameran ikan hias berskala internasional.

Dalam dialog yang dilakukan dengan perwakilan Indonesia Asosiasi Ikan Hias (Inafish) secara daring dan luring, Senin (26/7/2021), Menteri Trenggono menyebut bahwa selain sebagai ajang promosi dan edukasi, pameran berskala besar itu juga akan melahirkan kegiatan ekonomi baru.

“(Perlu) ada pameran (berskala internasional). Saya tawarkan raiser (di Bogor) itu dibangun. Orang-orang nantinya berbondong pergi ke situ,” ujarnya.

“Turunannya banyak sekali. Misal pembuatan akuariumnya, selangnya, belum lagi pakaian. Ekonominya jalan.”

Baca juga: Alfamidi Buka Lowongan Kerja, Cek Posisi yang Tersedia

Saat ini, KKP memiliki raiser ikan hias di Cibinong, Jawa Barat yang bisa dimanfaatkan sebagai lokasi pameran maupun menjadi wadah berkumpulnya para stakeholder ikan hias di Indonesia.

Saat ini, terdapat 4.552 jenis spesies ikan hias, dimana 440 jenis di antaranya merupakan ikan endemik yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Nilai ekspor ikan hias Indonesia pun terus mengalami peningkatan dari USD 21 juta pada tahun 2012 menjadi USD 30,8 juta pada 2020.

Pada tahun ini, tepatnya hingga Mei 2021 ekspor ikan hias Indonesia tercatat telah mencapai angka USD 15,2 juta.

Baca juga: Lowongan Kerja Posisi Staff Operational dan IT, Minat?

Jenis ikan hias utama yang diekspor antara lain arwana, arwana jardini, maskoki, koi, dan cupang hias.

Sedangkan tujuan ekspor terbesarnya adalah Jepang, Amerika Serikat, Hongkong, Vietnam, dan China.

Selain pameran, langkah lain untuk mempromosikan industri ini adalah mengkombinasikannya dengan dunia seni seperti film, lukisan, maupun tulisan.

“(Nanti) saya mau temukan antara ikan hias dengan seni. Saya katakan tolong dong kamu (pelaku seni) temukan sebuah cerita, dalam konteks seni,” terangnya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan