Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, September 22, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Pilih Baju Warna Ini saat Interview Zoom, Tampilkan Kesan Mudah Dipercaya

Topcareer.id – Di saat semua serba Zoom, hal yang paling terlihat dan penting untuk diperhatikan adalah penampilan bagian atas tubuh. Apa yang kamu kenakan di Zoom saat ini akan sangat berpengaruh, apalagi jika itu terkait dengan interview pekerjaan.

“Saya pikir penting untuk memiliki sesuatu yang super bersih dan sederhana di bagian atas— kamu tidak ingin merasa tidak nyaman atau terganggu oleh apa yang kamu kenakan. Saya pikir blus atau kancing sederhana akan bagus,” kata Allison Bornstein, seorang stylist, dikutip dari laman Ladders.

Blus sederhana membantumu terlihat rapi dan kuat tetapi apa yang tidak boleh kamu kenakan saat panggilan Zoom? Apakah ada warna yang benar-benar akan merusak kesempatanmu?

Warna yang membuatmu terlihat tidak bisa dipercaya

Menurut survei Quantified Communications baru terhadap 465 pria dan wanita dari April 2020, peserta diminta untuk menilai warna dan gaya orang dalam panggilan video. Mereka ditanya warna dan jenis pakaian apa yang membuat orang yang berbicara tampak otentik, dapat dipercaya, dan kreatif.

Nah, jika kamu ingin terlihat dapat dipercaya, warna-warna cerah bukanlah hal baik. Ini semua tentang warna netral. Bornstein juga mencatat bahwa warna yang lebih terang terlihat lebih baik di video.

Lima puluh enam persen mengatakan mereka menemukan warna netral untuk membuat orang tersebut terlihat asli dan 74% membuat mereka tampak seperti seorang ahli. Hampir 50% mengatakan warna netral membuat orang tersebut tampak dapat dipercaya.

Baca juga: 4 Alasan Mengapa Bos Menganggapmu Berkinerja Buruk Saat WFH

Warna-warna cerah hanya dinilai membuat orang tersebut terlihat 30% asli, 36% dapat dipercaya, dan hanya 18% yang mengatakan mereka tampak seperti seorang ahli. Jadi intinya adalah memilih atasan putih atau abu-abu untuk wawancara.

Warna yang membuatmu terlihat inovatif

Nah untuk terlihat seperti orang yang inovatif dan kreatif, warna-warna netral hampir terikat dengan warna dan pola yang cerah. Pola mengalahkan warna-warna cerah dan netral dengan sedikit 34% dibandingkan dengan 33%.

Gaya yang membuatmu terlihat lebih dapat dipercaya

Ketika berbicara tentang gaya apa yang baik untuk wawancara video, bisnis kasual adalah cara yang tepat. Empat puluh enam persen mengatakan bahwa gaya ini membuat orang terlihat paling otentik sementara bisnis formal masuk pada 27% dan kasual masuk pada 26%. Dan lebih dari 50% mengatakan bisnis kasual membuat orang tersebut terlihat lebih inovatif.

Tapi ada peringatan dengan memilih untuk bisnis kasual. Jika kamu muncul di wawancara kerja Zoom atau rapat dengan setelan jas, 67% orang akan menganggapmu ahli. Mungkin simpan pakaian yang lebih formal untuk wawancara panel.

Tetapi perlu dicatat bahwa warna berbagai nuansa biru, hijau, ungu, magenta, oranye, dan kuning semua muncul di layar tetapi kemudian kamu benar-benar harus mempertimbangkan apa backgroundnya.**(Feb)

Tinggalkan Balasan