Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Keren! Mahasiswa UGM Sabet 4 Medali Olimpiade Matematika Dunia

Dua prodi UGM masuk peringkat dunia.Sumber gambar: Tribun News Wiki

Topcareer.id – Mahasiswa-mahasiswa Universitas Gadjah Mada berhasil menyabet empat medali di ajang ajang International Mathematics Competition (IMC) di Bulgaria pada 2-7 Agustus secara daring. Empat medali yang diperoleh yaitu 2 medali perak, 1 medali perunggu, dan 1 Honorable Mention.

Keempat medali dipersembahkan oleh Naelufa Syifna Wifaqotul Muna (Prodi Matematika FMIPA) dan Waffiq Maaroja (Prodi Ilmu Komputer FMIPA) yang meraih medali perak, Muh Fadlan (Prodi Matematika FMIPA) meraih medali perunggu, serta Fani Haerul Anam Rofi’i (Prodi Matematika FMIPA) mendapatkan penghargaan Honorable Mention.

Olimpiade kali ini menjadi tahun kedua diselenggarakan secara daring dan sebelum daring terdapat 5 soal per hari nya.

Salah satu peraih medali IMC, Wafiiq mengatakan olimpiade matematika ini diikuti sebanyak 590 peserta dari berbagai universitas dunia. Selama dua hari peserta bersaing mengerjakan 4 soal berbentuk esai meliputi Aljabar, Analisis (Real dan Kompleks), Geometri dan Kombinatorika.

Baca juga: San Marino, Negara Terkecil yang Raih Medali Olimpiade

“Secara umum materi soal yang digunakan lebih luas daripada tingkat nasional sehingga akan lebih sulit apabila tidak memperbanyak referensi materi. Selain itu, analisis jawaban soalnya butuh lebih banyak waktu dibandingkan dengan soal nasional,” kata dia dikutip dari laman resmi UGM, Senin (9/8/2021).

Kasubdit Kreativitas Mahasiswa UGM, Suherman, menyampaikan ucapan selamat untuk seluruh wakil UGM di tim IMC Indonesia yang meraih prestasi. Capaian yang diraih merupakan hal yang membanggakan tidak hanya UGM, tetapi juga Indonesia.

Ia mengatakan, IMC ini adalah lanjutan dari KN-MIPA yang mana wakil Indonesia di IMC adalah para peraih medali di KN-MIPA.

“Karenanya, prestasi yang berlanjut dari ajang nasional ke Internasional ini sesuatu hal yang patut disyukuri dan semoga mahasiswa UGM yang mendapat medali KN-MIPA 2021 bidang matematika bisa berprestasi di ajang IMC mendatang,” ujar dia.

Leave a Reply