Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

PPKM Lanjut Terus, Keyakinan Konsumen Terhadap Ekonomi RI Merosot

sedih lesu

Topcareer.id – Berdasar Survei Konsumen Bank Indonesia pada Juli 2021, mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi tertahan, seiring dengan kebijakan pengetatan mobilitas lewat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1-4 demi cegah penyebaran Covid-19.

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono menyampaikan, setelah pada periode April – Juni 2021 berada pada area optimis (>100), Indeks Keyakinan Konsumen1 pada Juli 2021 tercatat sebesar 80,2, lebih rendah dibandingkan dengan 107,4 pada Juni 2021.

Baca juga: Catat, Ini Hal yang Wajib dan Tidak Boleh Dibawa Saat Tes SKD CPNS

“Tertahannya keyakinan konsumen pada Juli 2021 disebabkan konsumen memprakirakan ekspansi kondisi perekonomian pada 6 bulan ke depan masih terbatas, baik dari aspek kegiatan usaha maupun ketersediaan lapangan kerja,” kata Erwin dalam keterangan tertulis, Senin (9/8/2021).

Meski demikian, lanjutnya, ekspektasi konsumen terhadap penghasilan ke depan tetap terjaga pada area optimis.

Pada saat yang sama, konsumen mempersepsikan kondisi ekonomi saat ini belum sesuai yang diharapkan, ditengarai sejalan dengan penurunan aktivitas ekonomi dan penghasilan masyarakat yang lebih terbatas karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di berbagai wilayah di Indonesia.

Leave a Reply