Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Mei 26, 2022
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ini Tantangan yang Dihadapi Industri Shipping dan Cruise di Masa Pandemi

Dok/Bisnis

Topcareer.id – Sektor pariwisata tentunya paling merasakan dampaknya dari pandemi COVID-19 dan harus menghadapi tantangan akibat penghentian perjalanan global.

Namun, PT. Samudera Daya Maritim (SDM) yang merupakan unit bisnis dari Samudera Indonesia kini telah menggeliat dan mencoba pulih kembali.

Salah satunya dengan membuka banyak lapangan pekerjaan bagi pekerja Indonesia yang tertarik untuk berlayar di kapal pesiar maupun shipping.

SDM sendiri merupakan crewing manajemen yang membantu untuk melayani match matching antara kebutuhan crew dengan kapal yang tersedia.

Tantangan yang dihadapi jelas karena banyaknya aspek yang terdampak akibat pandemi, misalnya mobilitas crew yang kini cukup kompleks.

SDM sebisa mungkin memberikan effort untuk menghadapi tantangan ini agar kru bisa disediakan untuk kapal yang membutuhkan.

Perusahaan benar-benar mengontrol ketat mobilitas kru dengan protokol kesehatan yang berlaku, sebab bisa saja di titik awal kru berangkat negatif COVID-19, dan di titik akhir positif COVID-19.

Tantangan di kapal merchant shipping atau container pengangkut barang sendiri selama pandemi COVID-19 cukup kompleks.

Pandemi mengakibatkan lebih banyak kebutuhan dan rotasi kru serta kejadian di luar kendali, misalnya satu kapal harus segara ganti kru akibat positif COVID-19.

Baca juga: Capt Suarniati, Nahkoda Wanita Asal Aceh Pendobrak Diskriminasi Gender

Dalam memenuhi kebutuhan ini PT SDM membuka banyak peluang karier bagi yang ingin bekerja sebagai pelaut di kapal merchant maupun cruise atau kapal pesiar.

“Challenge dari sisi crewing untuk cruise juga sangat menantang, karena kapalnya tidak ada yang jalan,” kata Presiden Direktur PT SDM, Ibrahim Kholilul R, PH.D saat diwawancarai oleh Topcareer.id, Jumat (13/8)

Samudera Indonesia bekerja sama dengan Royal Carribean sebagai salah satu cruise terbesar dunia, banyak orang batal berangkat dengan kapal pesiar tersebut.

Namun SDM tetap meminta kepada mereka yang sudah mempunyai letter of appointment untuk berangkat agar menunggu sampai kondisi aman meskipun ada requirement yang akan lebih panjang lagi.

“Itulah tantangan terbesar dalam crewing management PT SDM,” ujar Ibrahim.

“Walaupun kita (SDM) berada di dua pasar yang berbeda, yakni merchant (container) dan cruise (kapal pesiar), namun sama-sama menantang untuk dihadapi pada situasi saat ini,” imbuhnya.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan