Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Negara-Negara Asia Tenggara Butuh Bantuan Vaksin Covid Demi Tekan Kematian

vaksin gotong royongFoto ilustrasi

Topcareer.id – Menurut Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, negara-negara Asia Tenggara membutuhkan lebih banyak bantuan untuk mengamankan vaksin Covid-19, karena kawasan itu berjuang untuk menahan rekor infeksi dan kematian akibat varian Delta.

Wilayah itu lolos dari yang terburuk ketika pandemi meletus tahun lalu, tetapi dalam beberapa pekan terakhir telah mengalami tingkat kematian tertinggi secara global, karena melonjaknya infeksi mendorong sistem perawatan kesehatan yang rapuh ke tepi jurang dan mengekspos peluncuran vaksinasi yang lamban.

“Lonjakan Covid-19 yang didorong oleh varian Delta ini mengklaim korban tragis pada keluarga di seluruh Asia Tenggara dan ini masih jauh dari selesai,” kata Alexander Matheou, Direktur Asia Pasifik, Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Tercatat bahwa sebagian besar negara Asia Tenggara termasuk Vietnam, Thailand, dan Indonesia telah mencatat rekor infeksi atau kematian Covid-19.

Baca juga: Kisah Relawan Terpapar Covid-19, Tidak Kapok Dan Tetap Bangkit

Namun sementara negara-negara seperti Kanada, Spanyol dan Inggris telah sepenuhnya memvaksinasi lebih dari 60 persen rakyat mereka, dan Amerika Serikat lebih dari 50 persen, negara-negara Asia Tenggara jauh tertinggal, menurut pelacak Covid-19 Reuters.

Sebaliknya, Indonesia dan Filipina, negara terpadat di Asia Tenggara, baru memvaksinasi lengkap sekitar 10-11 persen penduduknya, sementara Vietnam berada di bawah 2 persen.

“Dalam jangka pendek, kita membutuhkan upaya yang jauh lebih besar dari negara-negara kaya untuk segera membagikan jutaan dosis vaksin berlebih mereka dengan negara-negara di Asia Tenggara,” kata Matheou.

Ia menambahkan bahwa perusahaan vaksin dan pemerintah juga perlu berbagi teknologi dan meningkatkan produksi.

“Minggu-minggu mendatang sangat penting untuk meningkatkan perawatan, pengujian dan vaksinasi, di setiap sudut semua negara di Asia Tenggara,” katanya, seraya menambahkan bahwa harus ada target tingkat vaksinasi 70-80 persen.

Leave a Reply