Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Juli 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Ngantor Pakai Motor? Cek 5 Hal Ini supaya Aman

Topcareer.id – Berangkat kerja dengan kendaraan pribadi, seperti motor, punya banyak tantangan, terutama bagi kamu yang anti banget sama kata telat.

Kadang, meski sudah bela-belain berangkat pagi, ada beberapa hal yang bisa bikin kamu terlambat, mulai dari masalah ban, bensin, hingga penutupan jalan.

Nah, daripada terlanjur kejadian, dan akhirnya telat, lebih baik cek dan ricek dulu beberapa hal berikut ini.

Dokumen

Coba cek, apakah dokumen seperti STNK dan SIM sudah ada di dompetmu. Jangan sampai ketinggalan ya, supaya kamu tidak kena masalah apabila sewaktu-waktu ada pemeriksaan kelengkapan dokumen di tengah jalan.

Di masa pandemi seperti sekarang, kamu juga mungkin harus mempersiapkan dokumen lain seperti, surat bekerja dari perusahaan, masker, dan sebagainya. Oh ya, satu lagi, jangan lupa juga untuk memakai helm ya.

Bensin

Terkadang kita suka lupa dengan sisa bensin di dalam tangki, terutama nagi yang suka naik motor. Apalagi jika indikator bensin kita rusak. Nah daripada kehabisan bensin di tengah jalan, dan harus kesana kemari mencari pom bensin atau penjual bensin eceran, lebih baik cek dulu.

Jika hampir habis, Berangkatlah leboh pagi dan mampirlah ke tempat pengisian bensin terdekat sebelum menuju tempat kerja.

Baca juga: Indonesia Hanya akan Jual Mobil dan Motor Listrik Tahun 2050

Kondisi ban

Cobalah cek tekanan ban di kendaraan kamu. Jangan pergi dengan kondisi angin ban yang kurang, atau jika bagian luar ban sudah terlihat botak dan aus.

Jika angin pada ban kurang, perjalanan akan jadi tidak nyaman dan membahayakan. Ban juga akan rentan tertusuk benda benda tajam seperti paku dan sebagainya, sehingga mengalami kebocoran.

Pastikan mesin normal

Panaskan motor dengan baik, dan pastikan motor telah diservice dan diganti oli secara rutin. Pastikan juga rem, lampu depan, dan rantai dalam keadaan baik. Ini penting untuk menghindari mesin tiba-tiba bermasalah di tengah jalan.

Bawa perlengkapan hujan

Ingatlah untuk selalu menyimpan jas hujan di dalam jok. Hujan yang terkadang muncul tiba-tiba bisa mengganggu perjalananmu, apalagi jika kamu lupa membawa perlengkapan tersebut.

Eits, tapi ingat ya, meski bawa jas hujan, tetaplah perhatikan cuaca. Jika hujan terlalu deras dengan angin yang kencang, lebih baik mengalah dan berteduh dulu.

Cek rute lewat Google Maps

Terakhir, pastikan rute yang kamu lewati sedang dalam kondisi aman, dalam artian tidak ada perbaikan atau penutupan jalan, dan sebagainya. Di sini, kamu juga bisa mengecek jalan mana saja yang sedang macet, dan jalur alternatif mana yang disediakan.

Nah, kalau semuanya sudah lengkap, sekarang tinggal berkendara. Hati-hati di jalan ya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan