Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juli 6, 2022
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Usai Pantura, GMM akan Bagikan Masker ke Jawa Timur hingga Belitung

Topcareer.id – Gerakan Mobil Masker untuk Masyarakat (GMM) saat ini tengah menjangkau wilayah sepanjang Pantai Utara (Pantura) Pulau Jawa.

Sesuai rencana, sejak 2 September hingga 4 September 2021, mereka akan membagikan setidaknya 80 ribu masker ke masyarakat di kota-kota penting di wilayah Pantura.

Di antaranya adalah Kota Cirebon, Kota Tegal, Kabupaten Brebes, Kabupaten Pemalang, hingga Pekalongan. Para relawan menjangkau kota kota tersebut dengan mengendarai 20 mobil triton milik BNPB.

“Para relawan dibekali 80 ribu masker dan disiapkan juga cadangan masker yang dibawa dengan satu unit mobil mox dengan kapasitas 100.000 masker. Mobil ini diupayakan mendekat daerah sasaran.” ujar Tenaga Ahli Kasatgas Penanganan Covid-19, Bigjen Pol Imam Pramukarno.

Hal itu diungkapkan Imam saat melepas para relawan di Sekretariat Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Pusat, Gedung Is Plaza, Jakarta Pusat, Kamis (20/9) lalu.

Sebelumnya, pada Juli lalu, GMM juga telah menjangkau wilayah DKI Jakarta, yang kemudian dilanjut ke Bekasi, Depok, Tangerang dan wilayah Jawa Barat.

Baca juga: Gerakan Mobil Masker Jangkau Wilayah Aglomerasi

Selain itu, di dua wilayah luar Jawa juga sudah dilakukan hal serupa, yakni Aceh dan Pulau Bali.

Gerakan Mobil Masker diharapkan akan memberikan dorongan dan semangat bagi masyarakat yang dituju, agar disiplin dan mematuhi protokol kesehatan, khususnya dalam pemakaian masker.

Imam menambahkan, Gerakan Mobil Masker ini merupakan bagian dari strategi edukasi, sosialisasi, dan mitigasi dalam menegakkan disiplin prokes terhadap masyarakat.

Setelah wilayah Pantura, GMM rencananya bakal melanjutkan perjalanan ke wilayah lain seperti Jawa Timur, Jambi, dan Bangka Belitung.

Diharapkan gerakan ini akan menjadi sebuah langkah penting yang bisa diadaptasi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

BNPB dan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 di seluruh Tanah Air menggaungkan pentingnya memakai masker sebagai bagian dari 3M dengan jargon #PakaiMaskerHargaMati.

Masker merupakan ‘senjata’ yang ampuh dalam menangkal serangan virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan