Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, March 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Moeldoko: Kampus Harus Terus Lahirkan Talenta Berinovasi

Moeldoko. Dok/KSP

Topcareer.id – Di masa penuh tantangan seperti sekarang ini, dan sejalan dengan program Manajemen Talenta Nasional yang dalam waktu dekat akan direalisasikan, sudah waktunya bagi Perguruan Tinggi sudah menyiapkan talenta-talenta terbaik, guna berkontribusi di level nasional.

Pernyataan ini disampaikan Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko, saat memberikan pembekalan pada Mahasiswa Baru Universitas Efarina 2021, Kamis (9/9).

“Jika kampus gagal melakukan inovasi, maka mahasiswa yang dihasilkannya hanya akan mengandalkan ijazah, tanpa memiliki kualifikasi individual yang bersaing, atau bahkan mampu mengungguli kampus-kampus lainnya,” terang Moeldoko.

Moeldoko menjelaskan, dengan jumlah perguruan tinggi negeri dan swasta yang mencapai empat ribu lebih di seluruh pelosok tanah air, diharapkan akan lahir talenta-talenta yang memunculkan inovasi di segala bidang.

“ Pemerintah ingin supaya bakat yang dimiliki putera-puteri terbaik Indonesia bisa dikembangkan dengan baik dengan adanya program Manajemen Talenta Nasional.”

Saat ini, Indonesia tercatat berada di peringkat 85 dari 131 negara pada tingkat inovasi dunia, atau masih di bawah Brunei, Filipina, Thailand, Malaysia, dan Singapura.

Jika ketertinggalan tersebut tidak bisa dikejar, akan berpengaruh pada daya saing (competitiveness) secara global.

“ Berdasarkan Indeks Daya Saing Global, peringkat Indonesia sempat membaik. Namun kembali turun karena kita gagal berinovasi. Ini menjadi ancaman bagi iklim Investasi Indonesia,” ujarnya.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply