Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Oktober 26, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ini Jam Kerja Ideal dalam Seminggu

Ilustrasi. (dok. Redbooth)

Topcareer.id – Pernahkah kamu bertanya-tanya berapa jumlah jam ideal bekerja per minggu? Inilah jawabannya, 38 jam. Apa alasannya?

Apapun keinginanmu untuk bekerja, ketahuilah bahwa ada banyak bukti bahwa menghabiskan lebih banyak waktu setiap minggu tidak selalu berarti produktivitas yang lebih tinggi.

Penelitian memberi tahu kita bahwa produktivitas turun tajam setelah 50 jam per minggu, dan turun drastis setelah 55 jam. Selain itu, tidak mengambil setidaknya satu hari libur per minggu menyebabkan output per jam yang lebih rendah secara keseluruhan.

Penelitian juga mengungkapkan kerusakan pada kesehatan fisik kita yang dapat disebabkan oleh terlalu banyak pekerjaan.

Sebuah studi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menemukan bahwa bekerja rata-rata 55 jam atau lebih setiap minggu meningkatkan risiko stroke sebesar 35 persen dan risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 17 persen, dibandingkan dengan rata-rata 35-40 jam kerja per pekan.

Gaya hidup non-stop kami juga mengakibatkan stres tambahan terkait pekerjaan. 48 persen karyawan melaporkan merasa terburu-buru untuk waktu, dan 52 persen mengatakan mereka merasakan stres yang signifikan sebagai akibatnya.

Mungkin itulah mengapa kerja empat jam dalam seminggu adalah mimpi yang sangat menarik, bahkan jika itu tidak sepenuhnya layak untuk pekerja rata-rata.

Jam kerja ideal per hari dan minggu

Pakar manajemen waktu Laura Vanderkam melakukan penelitian untuk menentukan bagaimana jumlah jam kerjamu setiap hari memengaruhi berapa banyak waktu yang kamu pikir bisa kamu miliki.

Baca juga: Top 5 Zodiak Yang Terkenal Paling Cemburuan, Kamu Termasuk?

Dari 900 orang yang dilibatkan dalam penelitian, rata-rata karyawan bekerja 8,3 jam per hari. Dan hasilnya menunjukkan bahwa hanya ada perbedaan satu jam antara pekerja yang merasa memiliki banyak waktu dan mereka yang merasa tertekan.

Mereka yang merasa memiliki waktu paling sedikit secara keseluruhan bekerja 8,6 jam, sedangkan mereka yang merasa memiliki waktu paling banyak bekerja hanya satu jam lebih sedikit, atau 7,6 jam.

Jadi agar tidak merasa kekurangan waktu, targetkan 7,6 jam kerja per hari. Itu akan sama dengan minggu kerja 38 jam. Bagaimana dengan jadwal kerja alternatif?

Jika kamu baru mengenal ide ini, beberapa contoh jadwal kerja alternatif meliputi:

  • 4 x 10 jam sehari (40 jam)
  • 4 x 8 jam sehari (32 jam)
  • 5 x 6 jam sehari (30 jam)

Masing-masing opsi ini memiliki manfaat memberimu waktu ekstra untuk urusan pribadi yang sebelumnya tidak kamu miliki, baik dengan memadatkan minggu kerja tradisional menjadi empat hari, atau hanya dengan mengurangi jam kerja.**(Feb)

Tinggalkan Balasan