Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Juli 2, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Jangan Lewatkan 8 Aturan Etika Zoom Meeting Ini (Bagian 2)

Sumber foto: attune.com

Topcareer.id – Meeting Zoom sekarang menjadi hal pokok dalam kehidupan kita sehari-hari dan tidak menunjukkan tanda-tanda akan hilang, bahkan ketika banyak pengusaha menyambut pekerja kembali ke kantor mereka.

Tantangan dan manfaat konferensi video bisa jauh berbeda dari pertemuan tatap muka, artinya aturan yang harus kita ikuti selama rapat Zoom juga sering berbeda. Melansir Ladders, berikut 8 tips etiket rapat zoom yang akan membantu memastikan rapat virtual yang lebih kohesif dan produktif untuk semua.

5. Gunakan video saat kamu bisa melakukannya

Menjaga video selama rapat Zoom baik untuk semua orang. Melihat semua peserta dalam panggilan video akan membantu mengarahkan orang ke reaksi orang lain, dan akan membuat rapat lebih menarik bagi semua orang yang terlibat.

Mengetahui kamu ada di video juga akan membantumu tetap di jalur selama rapat. Paling tidak, menyalakan videomu membantumu tetap duduk dan melihat layar.

6. Hindari multi-tasking

Meskipun lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tahan godaan untuk melakukan banyak tugas. Orang lain dapat mengetahui saat kamu memeriksa email atau mengerjakan proyek lain. Perlakukan rapat Zoom seperti rapat tatap muka, dan berikan perhatian penuhmu.

7. Lakukan “kontak mata”

Kontak mata adalah kunci dalam menciptakan pertemuan yang lebih dinamis dan menarik, namun mencapai prestasi ini tidak sepenuhnya intuitif. Langkah pertama dalam “melakukan kontak mata” dengan peserta lain adalah menempatkan kameramu sejajar dengan mata. Jika kamu menggunakan laptop, pertimbangkan untuk membeli dudukan laptop untuk mengangkat kamera.

Baca juga: Tips Komunikasi Efektif Saat Wawancara Kerja Memakai Masker (Bagian 1)

Selanjutnya, coba lihat webcammu untuk memberikan ilusi bahwa kamu sedang melihat langsung ke anggota rapat lainnya. Hindari melihat diri sendiri, dan batasi jumlah yang kamu lihat pada peserta lain.

8. Jeda lebih sering

Menyebarkan jeda secara sengaja selama rapat, presentasi, atau diskusi Zoom dapat membantu memastikan semua orang berada di halaman yang sama. Jeda setengah panjang saat berbicara dapat membantu dengan jeda waktu dan membuat semua orang mengikuti apa yang kamu katakan. Menjeda juga akan mengurangi kemungkinan peserta berbicara satu sama lain.

Meskipun berhenti sejenak saat berbicara mungkin terasa agak tidak wajar pada awalnya, kamu akan segera menyadari bahwa meninggalkan jarak yang lebih jauh antara poin pembicaraan akan menghasilkan panggilan Zoom yang lebih fungsional dan produktif.**(Feb)

Tinggalkan Balasan