Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juni 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Peluang Kerja Mulai Melimpah Lho, Mulailah Lakukan Ini

Sumber foto: USS Feeds

Topcareer.id – Ssst, sudah dengar info baru belum? Kalau pelan-pelan, ekonomi mulai kembali tumbuh, dan pasar kerja perlahan-lahan mulai bangkit, yang artinya peluang kerja akan segera berlimpah.

Mungkin situasi kamu saat ini masih tertekan akibat pandemi. Namun, kamu tetap harus bersiaga, untuk berjaga-jaga apabila ada kesempatan bagus yang datang kepadamu.

Kamu tidak pernah tahu kapan sesuatu yang baik akan datang mengetuk pintu rumah, jadi berbenah diri sesegera mungkin adalah cara terbaik yang bisa kamu coba.

Hmm, bingung mulai dari mana? Tenang, seperti dikutip dari laman c&en, cukup mulai dengan mengikuti langkah-langkah ini.

Memastikan apa yang kamu inginkan
Peluang ada banyak. Namun kamu bisa tersesat kalau tidak benar-benar tahu apa yang kamu inginkan.

Pandemi secara tidak langsung telah mengubah sesuatu dalam diri kamu. Jadi coba definisikan kembali pekerjaan atau tujuan impianmu.

Tanyakan apa prioritas kamu saat ini. Apakah kamu ingin lebih memiliki banyak waktu dengan keluarga, atau nencari kesibukan yang jauh lebih tinggi, dengan penghasilan yang lebih mentereng.

Setelah tahu apa yang kamu inginkan, dan memastikan kamu sanggup memikul tanggung jawabnya, barulah beranikan diri untuk menempatkan kamu di antara peluang-peluang yang muncul.

Baca juga: Nih! Lowongan Kerja buat Kamu yang Tertarik masuk Dunia Pertelevisian

Perbarui CV
Setelah yakin dengan prioritas kamu, langkah selanjutnya adalah memperbarui CV, daftar publikasi, referensi pribadi, dan seluruh portofolio karier kamu.

Coba ingat-ingat, apakah ada keterampilan baru yang kamu dapatkan selama pandemi, penghargaan baru, atau ada kata-kata di CV lama kamu yang terasa ketinggalan zaman? Perbarui itu semua.

Update foto-foto kamu
Selain CV, cek juga social media kamu dan profil-profil online kamu. Pastikan masih relevan dengan kebutuhan saat ini.

Sebagai contoh, jika kamu merasa foto profilmu sudah usang, ubahlah dengan foto-foto terbaru kamu yang lebih segar dan meyakinkan.

Kamu juga bisa mulai memperbaiki konten-konten yang kamu bagikan, dan membuat citra kamu jauh terlihat lebih menarik.

Minta masukan
Jangan pernah takut untuk meminta masukan dari orang-orang yang kamu percaya, terkait dunia kerja saat ini.

Tanyakan ke mereka, kira-kira apa yang dunia kerja butuhkan saat ini, keterampilan apa yang penting untuk dipelajari, dan sebagainya.

Hal-hal seperti itu akan sangat berguna untuk memperkaya visi kamu ke depan, sehingga kamu semakin terlihat layak untuk mendapat kesempatan baru, sesuai dengan impian baru yang ingin kamu capai sekarang. Selamat mencoba ya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan