Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Dear Mom, Ini Tips Anak Beradaptasi dengan Pembelajaran Tatap Muka

Topcareer.id – Meski saat ini masih di masa pandemi, namun pemerintah memutuskan untuk mulai kembali membuka Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas baik itu PAUD, TK, SMP, SMA, hingga perkuliahan.

Walau demikian, kembalinya anak belajar di sekolah tak bisa disamakan dengan masa sebelum pandemi. Sebab, banyak kebiasaan baru yang harus diikuti dan dilakukan seiring dengan meminimalisir penyebaran virus COVID-19 yang belum sepenuhnya terhenti.

Strategic Initiatives Senior Lead Mom Baby & Home Living Tokopedia, Rizki Widyastuti mengungkapkan tips-tips parenting untuk membantu agar anak mudah beradaptasi saat bersosialisasi di sekolah dan lingkungan sehari-hari.

Lakukan Bermain Peran
Tak bisa dipungkiri, saat ini anak-anak akan menemui banyak situasi baru dalam hidupnya. Bermain peran bersama orang tua atau dengan mainan yang dimiliki dipercaya dapat membantu proses sosialisasi anak nantinya.

“Misalnya dengan orang tua menjadi guru atau teman bermain seumurannya,” ujar Rizki dalam kanal @TokopediaParents pada Rabu (20/10/2021).

Baca juga: Anak-Anak di Bawah 12 Tahun dan Tak Divaksinasi Boleh Masuki Singapura

Validasi Emosi
Di sini orang tua diminta jangan ragu untuk memberikan validasi terhadap emosi apapun yang ditunjukkan oleh anak. Salah satunya bisa dilakukan dengan mengatakan bahwa orang tua juga sangat memahami emosi yang sedang dirasakan oleh anak. Ini ditujukan agar anak tidak merasa sendiri saat menghadapi situasi yang baru.

“Menurut Psikolog Anak, Fathya Artha Utami, orang tua perlu mendampingi anak mengelola emosi melalui metode HADIR yakni Hadapi dengan tenang, anggap semua perasaannya penting, dengarkan tanpa distraksi, ingat untuk bantu menamai emosi anak dan rembukan opsi, batasan serta solusi masalah,” jelasnya.

Jangan Memberi Label Pemalu
Cobalah mulai percaya pada anak, serta berikan ruang dan waktu untuk anak mengobservasi lingkungan sebelum mereka bersosialisasi dengan orang lain.

Berikan Instruksi
Menurut Rizki di masa pandemi ini mungkin anak akan menghadapi kebingungan terhadap situasi yang baru dan itu adalah sesuatu yang wajar. Di sini orang tua harus dapat memberikan pengertian dan instruksi secukupnya kepada anak untuk membantu mereka beradaptasi.

Datang Lebih Awal
Dengan datang lebih awal, orang tua akan memberikan waktu bagi anak untuk melakukan observasi terlebih dulu terhadap lingkungan barunya. Hal ini juga bisa membantu anak untuk belajar disiplin terhadap waktu.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply