Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, November 29, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Ingin Kekebalan Tubuh Terjaga? Konsumsi Ragam Makanan Ini (Bagian 1)

Topcareer.id – Vitamin D adalah satu-satunya nutrisi yang diproduksi tubuh kamu saat terkena sinar matahari.

Sayangnya, 50% populasi dunia mungkin tidak mendapatkan cukup sinar matahari. Ini sebagian karena orang menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan, memakai tabir surya di luar, dan makan makanan yang rendah sumber vitamin D.

Padahal, nilai harian yang direkomendasikan adalah 800 IU (20 mcg) vitamin D per hari dari makanan.

Jadi, yuk mulai perbaiki pola makan kamu. Berikut makanan makanan sehat tinggi vitamin D yang bisa kamu konsumsi.

Bagian awal dari artikel

Salmon
Salmon adalah ikan berlemak yang populer dan sumber vitamin D yang bagus.

Menurut Database Komposisi Makanan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu porsi (100 gram) salmon Atlantik mengandung 526 IU vitamin D, atau 66% dari nilai harian.

Ikan salmon liar dan yang dibudidayakan memiliki perbedaan kandungan vitamin D cukup besar.

Rata-rata, salmon tangkapan liar mengandung 988 IU vitamin D per porsi (100 gram), atau 124% dari nilai harian.
Beberapa penelitian telah menemukan tingkat yang lebih tinggi pada salmon liar hingga 1.300 IU per porsi.

Sementara salmon yang dibudidayakan hanya mengandung 25% dari jumlah itu. Satu porsi salmon yang dibudidayakan menyediakan sekitar 250 IU vitamin D, atau 32% dari nilai harian yang dibutuhkan tubuh.

Baca Juga: Protein Ini Cegah Penghancuran Sel Rusak oleh Sistem Kekebalan Tubuh

Ikan herring dan sarden
Herring adalah ikan yang dimakan di seluruh dunia. Bisa disajikan mentah, kalengan, diasap, atau diasamkan.

Ikan kecil ini juga merupakan salah satu sumber vitamin D terbaik.

Ikan herring Atlantik segar menyediakan 216 IU per porsi (100 gram), yang merupakan 27% dari DV nilai harian yang dibutuhkan.

Sarden kalengan juga merupakan sumber vitamin D yang baik, satu kaleng (3,8 ons) mengandung 177 IU, atau 22% dari nilai harian yang dibutuhkan.

Jenis ikan berlemak lainnya juga merupakan sumber vitamin D yang baik. Halibut dan mackerel masing-masing menyediakan 384 IU dan 360 IU per setengah fillet.

Minyak hati ikan cod
Minyak hati ikan cod adalah suplemen yang populer. Jika kamu tidak menyukai ikan, mengonsumsi minyak ikan cod bisa menjadi kunci untuk mendapatkan vitamin D.

Ini adalah sumber vitamin D yang sangat baik, sekitar 448 IU per sendok teh (4,9 ml) memiliki 56% nilai harian yang cukup besar.

Minyak hati ikan cod juga merupakan sumber vitamin A yang fantastis, dengan 150% nilai harian hanya dalam satu sendok teh (4,9 ml).

Awas, vitamin A bisa menjadi racun dalam jumlah tinggi lho. Karena itu, berhati-hatilah dengan minyak ikan cod, pastikan tidak mengonsumsi berlebihan.

Tuna kalengan
Banyak orang menyukai tuna kalengan karena rasanya yang enak dan cara penyimpanannya yang mudah.

Ini juga biasanya lebih murah daripada membeli ikan segar.

Tuna kalengan mengemas hingga 268 IU vitamin D dalam porsi 100 gram, yang merupakan 34% dari nilai kebutuhan harian.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan