Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juni 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Siap-Siap, Ada Tambahan Bantuan Rp300 Ribu di Akhir Tahun

Ilustrasi gaji buruh.

Topcareer.id – Pemerintah memutuskan untuk merealokasi Perlinsos untuk program Top-Up Kartu Sembako dan BLT Desa dalam rangka Pengentasan Kemiskinan Ekstrem 2021. Selain itu juga adanya perluasan cakupan wilayah penerima manfaat BSU 2021.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyampaikan Untuk Penambahan/ top-up Kartu Sembako, nilai bantuan dan durasi menyesuaikan dengan sisa re-alokasi Perlinsos lainnya a.l. KPM Sembako dan cadangan Perlinsos.

“Kemenkeu tengah menghitung ketersediaan anggarannya. Penambahan atau top-up bantuan Kartu Sembako dan BLT Desa sebesar Rp 300.000 untuk durasi 3 bulan (sampai dengan Desember 2021),” kata Menko Airlangga dalam keterangannya pada Selasa (26/10/2021).

Baca juga: Sedang Menganggur? Yuk Daftar Kartu Prakerja Gelombang 22

Penambahan bantuan Kartu Sembako dan BLT Desa tersebut rencananya akan diberikan kepada 35 kebupaten prioritas program pengentasan kemiskinan ekstrim.

Selain itu, evaluasi dan usulan optimalisasi dana PEN Tahun 2021, juga salah satunya terkait dengan Program Bantuan Subsidi Upah (BSU) Tahun 2021, di mana terdapat sisa dana BSU 2021 sebanyak Rp 1,7 Triliun yang akan dioptimalkan penggunaannya untuk perluasan cakupan wilayah penerima manfaat BSU 2021.

Detail perluasan cakupan wilayah tersebut mempersyaratkan:

1. Tidak ada perubahan kriteria penerima,
2. Perubahan hanya terkait cakupan wilayah, menjadi level nasional (514 Kab/Kota di 34 Provinsi),
3. Total sasaran perluasan sebesar 1,6 juta orang pekerja dengan memanfaatkan sisa pagu BSU tersebut,
4. Perluasan tidak overlapping dengan penerima program bantuan lainnya (Prakerja, PKH, BPUM dll.)

Tinggalkan Balasan