Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Juli 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Ini Langkah Pemerintah Cetak Wirausaha Muda

Topcareer.id – Untuk mencetak wirausaha muda sekaligus mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), pemerintah bakal memberi akses pembiayaan atau Kredit Usaha (KUR) murah dan mudah bagi pelaku UMKM, khususnya yang berasal dari kalangan mahasiswa.

Di mana salah satu kemudahan yang dimaksud adalah berupa surat keterangan. Sehingga mahasiswa yang memiliki usaha, dapat memanfaatkan KUR sesuai dengan kebutuhannya.

“Mahasiswa dapat mengakses KUR Super Mikro jika usahanya memiliki kebutuhan pembiayaan hingga Rp10 juta, KUR Mikro untuk pembiayaan Rp10 juta hingga Rp 50 juta, dan KUR Kecil untuk kebutuhan modal Rp50 juta hingga Rp500 juta,” ujar Deputi Koordinasi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Iskandar Simorangkir secara virtual pada Selasa (26/10/2021).

Pada kesempatan tersebut, Iskandar juga mengatakan munculnya para wirausahawan baru ini diharapkan dapat membantu pemulihan dari pandemi Covid-19 melalui penciptaan lapangan pekerjaan.

Baca juga: Program Kartu Prakerja Tingkatkan Jumlah Kelompok Wirausaha 13%

“Bagi para mahasiswa yang mempunyai jiwa kewirausahawan, Pemerintah mendorong agar para mahasiswa bisa menjadi wirausaha-wirausaha baru dalam rangka untuk bisa menciptakan lapangan kerja mengingat setelah pandemi Covid-19 ini terjadi peningkatan pengangguran dan kemiskinan di Indonesia,” tambahnya.

Adapun pada tahun 2021 ini, Komite Kebijakan Pembiayaan Bagi UMKM memutuskan target penyaluran KUR sebesar Rp285 triliun. Per tanggal 25 Oktober 2021, setidaknya program tersebut telah terealisasi sebesar Rp224,24 triliun atau sebesar 78,68 persen dari target penyaluran.

BRI sebagai Penyalur KUR terbesar dengan plafon Rp195 triliun pun berkomitmen untuk membuka akses KUR seluas-luasnya kepada pelaku usaha mikro, termasuk UMKM dari kalangan pergurungan tinggi.

Sebab BRI memiliki program pendampingan dan pelatihan melalui fasilitas Rumah BUMN dan program pemberdayaan UMKM lainnya yang dapat membantu pelaku usaha mendapatkan skill dan knowledge baru dalam mengembangkan bisnisnya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan