Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Juli 2, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Fresh Graduate? Tenang, Pakai ‘Senjata’ Ini untuk Dapat Kerja

Sumber foto: USS Feeds

Topcareer.id – Melamar sebagai fresh graduate tak melulu menjadi sesuatu yang sulit lho. Ada banyak kesempatan dimana kita bisa mendapatkan pekerjaan, meski harus bersaing dengan para pencari kerja yang sudah memiliki jam terbang lebih tinggi.

Nah, kalau kamu adalah salah satu fresh graduate yang sedang sibuk mencari pekerjaan, coba aplikasikan beberapa tips berikut ini pada senjata terbaik kamu, yakni resume, agar kamu menonjol di mata para perekrut. 

Mulailah dengan kekuatan penuh

Jangan remehkan kekuatan resume. Dalam 10-15 detik pertama, isi resume akan sangat berpengaruh pada diterima atau tidaknya kamu oleh perusahaan. 

Jadi, mulailah dengan kuat.  Bubuhkan kalimat pertama dalam resume kamu memakai pernyataan yang tegas dan meyakinkan, tentang bagaimana kamu memiliki value yang dibutuhkan perusahaan. 

Jangan ragu juga untuk menuliskan nama perusahaan yang kamu tuju dalam ukuran yang besar. Tapi ingat, jangan berlebihan ya. 

Jual kemampuanmu

Setelah statement yang kuat, sekarang giliran menunjukkan skills kamu di dalam resume. Jangan lupa tonjolkan skills yang spesifik serta kompetensi yang relevan. Ini penting agar perusahaan bisa semakin yakin untuk menindaklanjuti lamaran kamu. 

Baca juga: Auto2000 Buka Lowongan, Ini Syaratnya

Perkuat detail kamu

Saat menulis daftar skills, jangan hanya bermain di permukaan, tapi perkuat detailnya. Sebagai contoh, semisal kamu menuliskan kemampuan ‘bisa mengaplikasikan komputer,’ mungkin kamu bisa menambahkan detail seperti Menguasai ms office, photoshop, dan sebagainya. 

Pengalaman selalu jadi nilai lebih

Jangan lupa untuk menuliskan pengalaman kamu dalam bidang yang kamu geluti.  Tak perlu takut, pengalaman ini tak melulu harus dalam hal pekerjaan, tapi juga bisa dalam bentuk pengalaman-pengalaman ketika kamu msih menuntut ilmu, hal hal yang melibatkan organisasi, dan sebagainya. Ingat, buat secara detail juga ya. 

Prestasi

Terakhir, bubuhkan ini sebagai penutup yang kuat. Tuliskan prestasi apa saja yang pernah kamu dapatkan dari skillsmu itu. Ini akan semakin membuat perusahaan yakin untuk memilih kamu.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan