Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Juli 2, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Asia Pacific Innovation Day 2021 Berbagi Solusi Tumbuhkan Talenta Digital

Deputi Sekretaris Jenderal ASEAN untuk Komunitas Keamanan Politik ASEAN HE Robert Matheus Michael Tene.Deputi Sekretaris Jenderal ASEAN untuk Komunitas Keamanan Politik ASEAN HE Robert Matheus Michael Tene.

Topcareer.id – Dibutuhkan upaya bersama dalam menjembatani kesenjangan dalam tranformasi digital dan pendidikan di antara anak-anak muda di kawasan Asia Tenggara (ASEAN). ASEAN Foundation dan Huawei sepakat berbagi solusi atas permasalahan tersebut dalam Asia Pacific Innovation Day – Digital Talent Summit 2021.

Digital Talent Summit yang digelar secara virtual pada Rabu (3/11/2021), mempertemukan para pembuat kebijakan, peneliti, dan pakar industri untuk membantu menumbuhkan talenta digital di Asia Pasifik.

Sebelum KTT itu dimulai, Deputi Sekretaris Jenderal ASEAN untuk Komunitas Keamanan Politik ASEAN HE Robert Matheus Michael Tene menyampaikan banyak bukti yang menyatakan bahwa ada keterkaitan antara pendidikan dengan pertumbuhan ekonomi yang menguat sebagai bayaran atas transfer teknologi di masa krisis.

Kesuksesan ekonomi saat ini, kata dia, merupakan proses dari strategi pengembangan dan aktualisasi yang berdasarkan pada bagaimana seseorang mampu menggunakan Information and Communication Technologies (ICT) sebagai ekspresi kolektif individu yang berarti.

“Digital Talent Summit 2021 yang bertujuan untuk membahas dan menjawab kebutuhan talenta muda ICT ASEAN, jelas sangat relevan, terutama di tengah pandemi global yang memaksa kita untuk lebih mengandalkan platform digital secara signifikan,” kata Robert dalam pernyataannya.

Baca juga: Michael Page: Fintech Jadi Pendorong Kenaikan Lapangan Kerja Jasa Keuangan

Lebih lanjut ia mengatakan acara tersebut sangat menguntungkan, selaras dengan tujuan ASEAN Digital Masterplan 2025 untuk meningkatkan kemampuan masyarakat untuk berpartisipasi dalam ekonomi masyarakat digital.

Robert menuturkan, akan menjadi tantangan untuk menjembatani kesenjangan dalam kekuatan transformasi digital di kawasan ASEAN demi memberdayakan kaum muda dengan keterampilan dan kompetensi untuk membuat mereka tangguh di masa depan.

Bahkan diskusi tingkat tinggi UNICEF menyoroti peran teknologi dan urgensi yang berkembang untuk mempromosikan tidak hanya literasi digital tetapi juga keterampilan transfersal di seluruh ASEAN.

Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia H.E. Jenderal TNI (Purn) Dr. Moeldoko juga memberikan apresiasinya atas komitmen Huawei melalui Asia Pacific Innovation Day – Digital Talent Summit untuk mendukung ekosistem digital yang berkelanjutan di Indonesia.

“Inisiatif hari ini sejalan dengan tujuan pemerintah Indonesia yang saat ini menyiapkan 600.000 talenta digital setiap tahun untuk memimpin bangsa dalam melakukan lompatan digital,” ujar Moeldoko.

Tinggalkan Balasan