Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juli 6, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Apakah Chicken Nugget Baik untuk Kesehatan? Ini Kata Nutrisionis

Chicken Nugget. Dok/Bukalapak

Topcareer.id – Chicken nugget atau nugget ayam ini sudah seperti lauk pauk yang lumrah disajikan di Indonesia. Sebelumnya, makanan ini dikenal sebagai camilan untuk anak-anak. Namun, sekarang chicken nugget sudah jadi bagian dari makanan orang dewasa. Yang jadi pertanyaan, apakah sehat?

Melansir dari Health, Nutrisionis beregistrasi Amerika Serikat, Cynthia Sass, MPH, RD, mengatakan karena tidak ada satu cara untuk memformulasi atau memasak nugget ayam, sehingga sulit untuk memberikan jawaban menyeluruh untuk semua nugget ayam karena semuanya sangat berbeda.

Nutrisi nugget ayam cepat saji

Meskipun tidak setiap restoran memposting daftar bahan untuk resep nugget ayamnya, kamu akan menemukan info nutrisi di situs web masing-masing merek.

Sass mencontohkan, porsi enam potong nugget ayam Popeyes—yang dilumuri tepung, dilapisi tepung roti dalam buttermilk, lalu digoreng—mengandung 225 kalori, 14 gram lemak dengan 6 gram dari lemak jenuh dan 1 gram dari lemak trans, 15 gram karbohidrat dengan 2 gram sebagai serat, 11 gram protein, dan 345 mg sodium.

Namun, pemecahan nutrisi nugget ayam akan berbeda dari satu tempat ke tempat lain. Misalnya, porsi enam potong chicken nugget di McDonald’s memiliki 250 kalori, 15 gram lemak total dengan 2,5 gram dari lemak jenuh dan 0 gram dari lemak trans, 15 gram karbohidrat dengan 1 gram sebagai serat, 14 gram protein, dan 500 mg natrium.

Baca juga: Apakah Chicken Nugget Baik untuk Kesehatan? Ini Kata Nutrisionis

“Jika Anda memiliki nugget ayam cepat saji favorit, kunjungi situs web perusahaan untuk meluangkan waktu beberapa menit untuk melihat bagaimana fakta nutrisinya dibandingkan dengan yang ada di restoran cepat saji lainnya,” kata Sass.

Metode memasak penting

Sebagian besar nugget ayam cepat saji digoreng. Mungkin jelas bahwa makanan yang digoreng tidak optimal untuk kesehatan yang baik, tetapi sebuah makalah tahun 2015 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menawarkan lebih banyak wawasan.

Di dalamnya, para peneliti mengatakan ada bukti kuat yang menunjukkan hubungan antara konsumsi gorengan yang lebih tinggi (empat kali atau lebih per minggu) dan risiko penyakit kronis, termasuk diabetes tipe 2, obesitas, tekanan darah tinggi, dan gagal jantung.

Jadi, jika kamu mencoba untuk sadar kesehatan tetapi masih ingin makan nugget ayam sesekali, pertimbangkan untuk mencoba yang tidak digoreng. Itu berarti bahwa jika kamu membuat nugget ayam di rumah, memanggang adalah pilihan yang lebih baik daripada menyalakan penggorengan rumahan.

Pertimbangkan vegan chick nugget

Dengan semakin populernya pola makan nabati, sekarang ada versi tanpa daging dari berbagai macam makanan, termasuk nugget. Dari segi kesehatan, pilihan daging palsu ini bisa menjadi pilihan yang baik.

Faktanya, meta-analisis 2020 dari European Journal of Epidemiology menyimpulkan bahwa asupan protein nabati berbanding terbalik dengan semua penyebab kematian, termasuk penyakit kardiovaskular.**(Feb)

Tinggalkan Balasan