Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Juli 2, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

4 Makanan Ini Bisa Jadi Penyebab Sembelit

Gangguan pada perut. Dok/Virinchi HospitalsGangguan pada perut. Dok/Virinchi Hospitals

Topcareer.id – Apa yang masuk ke dalam tubuhmu, memiliki dampak besar pada apa yang “keluar” nantinya, dan mungkin itu bisa jadi penyebab sembelit. Tapi, perlu diketahui bahwa sembelit terjadi tidak hanya dari satu makanan.

“Apa yang terjadi pada orang-orang ketika mereka mengalami sembelit, mereka mulai melibatkan setiap makanan, karena setiap makanan mengganggu mereka, semakin buruk sembelitnya,” kata Elana Maser, asisten profesor gastroenterologi di Icahn School of Medicine di Mount Sinai dan ahli gastroenterologi di Pusat IBD Feinstein di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City dalam laman Health.

Berikut ini makanan-makanan yang bisa jadi penyebab sembelit:

1. Produk susu

Bukan rahasia lagi bahwa produk susu, terutama bila dikonsumsi secara berlebihan, dapat memberikan pengaruh buruk pada sistem pencernaan.

“Salah satu hal besar yang selalu diceritakan orang kepada kita adalah keju dan susu; produk susu,” kata Rudolph Bedford, MD, ahli gastroenterologi di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California, kepada Health.

Beberapa anak tampaknya sangat sensitif terhadap produk susu susu sapi, tetapi ada sedikit ilmu tentang bagaimana sembelit yang disebabkan oleh susu pada orang dewasa. Untuk penderita sembelit kronis, Dr. Bedford terkadang menyarankan mereka untuk mencoba beralih ke alternatif non-susu seperti almond, kedelai, dan susu gandum, sebanyak mungkin.

2. Daging merah

Apa yang membuat konstipasi bukanlah daging itu sendiri, kata Dr. Bedford, tetapi karena daging itu mengesampingkan makanan lain. “Orang yang makan daging merah dalam jumlah tinggi tidak makan cukup serat,” jelasnya. Daging merah juga mengandung sedikit lemak, yang bergerak lebih lambat melalui sistem pencernaan.

Baca juga: Ragam Hal Viral Di Sepanjang Pandemi, Mana Favoritmu? (Bagian 1)

Tapi, sekali lagi, ini bukan aturan satu ukuran untuk semua yang harus diikuti semua orang. Faktanya, Dr. Maser mengatakan bahwa banyak pasiennya menemukan bahwa makan daging merah yang besar sebenarnya dapat memicu buang air besar. Ingat: Makanan, dan seberapa banyak yang kamu makan, memengaruhi orang secara berbeda.

3. Makanan olahan dan gorengan

Makanan cepat saji tidak selalu memiliki efek kesehatan yang baik di sekitarnya, tetapi ada satu hal yang mungkin tidak kamu ketahui tentang kombinasi burger dan kentang goreng favorit: Ini bisa menjadi pemicu di balik sembelitmu, kata Dr. Bedford.

Mengapa? Makanan olahan cenderung tinggi lemak dan rendah serat, kombinasi yang kasar pada usus besar, dan seringkali dapat memperlambat motilitas (atau kemampuan tubuh untuk memindahkan makanan melalui saluran pencernaannya).

4. Permen

Suka makanan manis-manis? Untuk alasan yang sama seperti makanan lain dalam daftar ini, permen bisa menjadi masalah jika terlalu banyak disajikan dalam asupanmu sehari-hari karena mereka memiliki sedikit serat.

“Makanan yang paling menyusahkan adalah permen, makanan tinggi gula seperti licorice, (atau permen buah lainnya). Jenis permen itu benar-benar membuat sembelit,” kata Dr. Maser.**(Feb)

Tinggalkan Balasan