Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juli 7, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

10 Keterampilan Komunikasi yang Penting untuk Kesuksesan Karier (Bagian 1)

Topcareer.id – Keterampilan komunikasi memungkinkan kamu memberi dan menerima informasi. Perusahaan secara konsisten menempatkan keterampilan komunikasi sebagai salah satu keterampilan yang paling sering diminta dalam lowongan pekerjaan.

Menggunakan, meningkatkan, dan memamerkan keterampilan komunikasi bisa membantumu maju dalam karier dan menjadi kompetitif.

Artikel ini membahas pentingnya keterampilan komunikasi. Berikut ini sepuluh skill komunikasi yang paling dibutuhkan:

Bagian pertama artikel

1) Mendengarkan secara aktif
Mendengarkan secara aktif berarti memperhatikan dengan seksama dengan siapa kamu berkomunikasi dengan melibatkan mereka.

Berlatih mendengarkan secara aktif dapat membangun rasa hormat dengan rekan kerja dan meningkatkan pemahaman di tempat kerja.

Saat mendengarkan secara aktif, fokuslah pada pembicara, hindari gangguan seperti ponsel, laptop, atau proyek lain, dan siapkan pertanyaan, komentar, atau ide untuk menanggapinya.

Tingkatkan kemampuan mendengarkan aktif kamu dengan memperhatikan ekspresi wajah, bahasa tubuh, dan nada suara orang lain.

2) Metode komunikasi
Menggunakan cara yang tepat untuk berkomunikasi adalah keterampilan yang penting. Ada keuntungan dan kerugian untuk berbicara melalui email, surat, panggilan telepon, pertemuan langsung atau pesan instan.

Berkomunikasi lebih baik ketika kamu mempertimbangkan audiens mengenai informasi apa yang ingin kamu sampaikan dan cara membagikannya.

Misalnya, jika kamu berkomunikasi dengan calon pemberi kerja, mungkin lebih baik mengirim email resmi atau meneleponnya.

3) Keramahan
Sifat ramah seperti kejujuran dan kebaikan dapat membantu menumbuhkan kepercayaan dan pengertian saat berkomunikasi di tempat kerja.

Cobalah berkomunikasi dengan sikap positif, tetap berpikiran terbuka, dan ajukan pertanyaan untuk membantumu memahami mereka.

Gerakan kecil seperti menanyakan kabar seseorang, tersenyum saat berbicara, atau memuji pekerjaan yang dilakukan dengan baik dapat membantumu membina hubungan yang produktif dengan rekan kerja dan manajer.

Baca juga: Mendengarkan secara Aktif adalah Kunci Komunikasi Sukses, Ini Alasannya

4) Percaya diri
Di tempat kerja, orang lebih cenderung menanggapi ide-ide yang disajikan dengan percaya diri dan penuh keyakinan.

Ada banyak cara untuk tampil percaya diri, termasuk dengan melakukan kontak mata saat berbicara dengan seseorang.

Komunikasi yang percaya diri berguna tidak hanya di tempat kerja tetapi juga selama proses wawancara kerja.

5) Berbagi umpan balik
Komunikator yang kuat dapat menerima umpan balik kritis dan memberikan masukan yang konstruktif kepada orang lain.

Umpan balik harus menjawab pertanyaan, memberikan solusi atau membantu memperkuat proyek atau topik yang ada.

Memberikan dan menerima umpan balik adalah keterampilan tempat kerja yang penting, karena dapat membantu kamu dan orang-orang di sekitarmu membuat peningkatan yang berarti pada pekerjaan dan pengembangan profesional mereka.

Cara yang bagus untuk mempelajari cara memberikan umpan balik adalah dengan membuat catatan dari orang lain tentang umpan balik yang mereka tawarkan.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan